RSS

Pendengaran, penglihatan dan lisan

15 Jun

Hari Jumat kemarin, diajak salah satu sahabat untuk ikut pengajian (sebenernya istilah ini gak pas menurutku..tp…ya udah deh anggap aja bener ya?).  Majelis Ta’lim yang aku datengin ini ‘katanya’ selalu penuh dan ramai. Kalo menurut sahabatku, ‘teduh, nyaman, ga serem dan gak capek’, hehehe…bener2 banyak maunya ya?? Maksud dia gak serem tuh gak langsung apa2 dibilang dosa or haram, gak langsung disuruh baca Yasiin sambil balap2an hehehe..biasanya gitu tuh, kalo udah baca Yasin semuanya mo cepet selese jadi rasanya pada rebutan.. (ini di tempat2 yang biasa aku lihat lho ya…gak semuanya begini…so jgn protes ya!).

Tenyata bener banget…karena majelis ta’lim nya sepi…hehehe…maklum nyampe sana pas waktunya orang mo sholat jumat…terang aja sepi, otomatis jadi nyaman kan? hihihi…

Pas selese sholat jumat, baru deh…ada diskusi ringan , kecil2an (tapi berdampak besar!!)…aku lupa detailnya tapi intinya adalah : kalo mau menuju Allah…langkah paling awal yang bisa kita lakukan adalah menjaga pedengaran, penglihatan dan lisan…bukannya puasa ngomong trs pake kacamata kuda…tapi harus bisa memilih untuk mulai mendengarkan, melihat dan bicara yang manfaat.

Perumpamaannya tempe, pada saat pembuatannya si kedelai dibungkus rapat2 supaya jadi bisa jadi tempe yang bagus…robek dikit bungkusnya jadi ada hitam2nya, robek banyak jadi busuk..alias gagal tempenya…terus biasanya tempe itu, karena dibungkus rapat punya ‘panas’ sendiri..yang gak diganggu ama udara sekitar…begitu juga hati kita…dari hati yang bersih (saat bayi, belum ada emosi apa2 kan?)  seharusnya dijaga rapat2 kayak si tempe…boleh bolong dikit..tapi resikonya terkontaminasi dan ada kemungkinan jadi busuk…

Nah, ntuk menjaga hati agar tetap bersih, salah satu caranya adalah menjaga  ‘dengar,lihat,lisan’ itu…bayangkan karena pendengaran..misalnya kita dengar ada tetangga yang ngomongin kita terus jadi emosi – marah2…padahal marah2 itu udah termasuk bisikan syetan yang tersembunyi. Karena kita biarkan lisan kita bicara sembarangan , kita bisa ditonjokkin orang (wuih…bales donk!!)…

Dengan menjaga yang 3 tadi tuh, diharapkan kita bisa terhindar dari buruk sangka, bergunjing dan dengki….

Terus orang2 yang termasuk orang bertaqwa adalah orang2 yang menafkahkan hartanya baik diwaktu lapang maupun sempit, orang2 yang menahan amarahnya dan orang2 yang memaafkan kesalahan orang lain. juga orang2 yang bila mengerjakan pekerjaan yang keji atau menganiaya diri sendiri , mereka akan ingat Allah, lalu memohon ampun dan tidak meneruskan perbuatan keji tsb (Ali ” Imran 134 – 135)

Sementara , kita termasuk orang2 yang sesat jika kita melanggar aturan2 Allah…jadi kalo kita masih marah2, gampang emosi, suka bergunjing berarti kita termasuk yang sesat (naudzubillahimindzaliik)

Kita sebagai manusia harus berusaha menjaga agar diri kita tetap menuju Allah, jika kita berusaha Insya Allah nanti Allah yang akan membimbing dan memberi kemudahan kepada kita . (amin)

Wah…pokoknya gak sia2 deh , Jumat itu ikut ama sahabatku itu…memang bukan ilmu yang dalem2 amat (malah gak sanggup hehehe…), tapi yang jelas…jadi agak malu…karena rasanya marah2 masih jadi kegiatan keseharian, bergunjing ehm….masih…(ngaku!!!)…jadi aku masih sesat kan???

Ya Allah, mudahkanlah usahaku menuju ridho Mu…..Amin…

 

 
21 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 15, 2008 in jalan2, satatan harian, uneg-uneg

 

21 responses to “Pendengaran, penglihatan dan lisan

  1. realylife

    Juni 15, 2008 at 7:59 pm

    Ya Allah jagalah semuanya untuk selalu mengingatMU
    Maaf baru mampir

    amin…..
    gak pa pa mas Said, ngerti kok….gimana kabarnya??

     
  2. emma

    Juni 15, 2008 at 9:14 pm

    Amiin,..tuk doanya aku juga sedang mencari ridho Allah bareng ya mbak’..
    Mbak’Rhainy aku nge-link ke “rumah” sini boleh yaa

    sip….kita saling ngingetin ya mbak emma…
    boleh mbak, nama mbak malah sudah ku link tanpa pamit….hehehe…

     
  3. natazya

    Juni 16, 2008 at 12:43 pm

    AMIEN..

    *sedang malu juga..

     
  4. agoezi

    Juni 16, 2008 at 5:29 pm

    Menjaga pendengaran, penglihatan, dan lisan memang susah

     
  5. ubadbmarko

    Juni 16, 2008 at 6:43 pm

    Jagalah hati jangan kau kotori
    jagalah hati lenterahidup ini……dst

     
  6. achoey sang khilaf

    Juni 16, 2008 at 8:23 pm

    dan aku pun tersungkur
    malu aku :)

     
  7. Yoyo

    Juni 17, 2008 at 3:40 pm

    Subhanalloh…., ikut malu….. :)

     
  8. rhainy

    Juni 17, 2008 at 4:40 pm

    @natazya, kang achoey, mas yoyo
    Alhamdulillah…kalo kita masih malu..pasti akan berusaha supaya gak malu lagi kan…hehehe.. :wink:
    yang gawat…kalo kita udah gak punya rasa malu itu bukan?

    @agoezi
    katanya kalo kita terus berusaha, walaupun susah, pasti akan Allah berikan kemudahan…amin….

    @ubadbmarko
    nyanyi ni yeeee….hehehe..

     
  9. ashardi

    Juni 17, 2008 at 6:57 pm

    ya…ya…ya…
    shafa ama audri aman de punya bunda kaya mbak rhainy…

    amin…amin….amin…
    apa kabar ton? kemaren mampir belum ada postingan baru ….hehehe…daku kan pengamat blog dikau…hihihi….

     
  10. chic

    Juni 18, 2008 at 1:17 pm

    aduuh… bagus ya perenungannya..
    ma kasih Mbak…

    hai…apa kabar kabar si kecil mbak chichi?

     
  11. ven

    Juni 18, 2008 at 6:38 pm

    hwaduuuh kesindir niy akyu…heheheh baru marah2 sama tukang taksi…kekkekek

     
  12. ubadbmarko

    Juni 18, 2008 at 7:17 pm

    FOTO MODEL PENDATANG BARU ADA DI BLOG SAYA.

     
  13. ashardi

    Juni 18, 2008 at 9:21 pm

    iya nih mbak… lagi asik baca agatha christie, hehehehe…

     
  14. tintin

    Juni 19, 2008 at 9:17 am

    amin .. semoga dimudahkan mbak .. :)

     
  15. nh18

    Juni 19, 2008 at 10:05 am

    Hmmmm simple bu …
    dan sangat membumi …
    terima kasih ya bu …

    so … jaga mata, jaga kuping, jaga mulut …
    catet-catet-catet

     
  16. oliveoile

    Juni 20, 2008 at 9:50 am

    Niat tuk jaga pendengaran, penglihatan dan lisan, sepertinya akan lebih kuat kalo dibarengi puasa sunah ya mbak.
    Semoga aktif di pengajiannya ya mbak :-)

     
  17. emma

    Juni 20, 2008 at 4:26 pm

    Mbak’Rhai..3x..
    wwaahh..udah berangkat liburan sepertinya,..

     
  18. IndahJuli

    Juni 25, 2008 at 3:48 pm

    Amiin…amiin, semoga kita semua bisa istiqomah.

     
  19. rhainy

    Juni 26, 2008 at 4:08 pm

    Duh…maaf…maaf…maaf…
    bener2 minta maaf ya…komennya blom pada dibalesin…hehehe…abis blom sempet liat2 blog…jangan marah ya….
    maksih…udah didatengin …jangan bosen….ntar aku ‘namu balik’ ke blog2 kalian….suer….

     
  20. CaNdLe

    Juni 27, 2008 at 7:22 pm

    inspiratif banget! makasi yaa…

     
  21. nexlaip

    Juli 1, 2008 at 12:48 pm

    Ya Allah semoga Engkau berikan apa yang telah Engkau berikan kepada hambamu ini kepada hambamu yang lain terutama saya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: