RSS

Sekolah ato gak usah

13 Mar

Dari kemarin semua ibu2 di komplek sibuuuuk ngomongin sekolah anaknya masing2… maklum semua sekolah udah mulai buka pendaftaran….

Ibu X ngomel2 katanya sekolahnya Nico (anaknya, sekarang TK , mau daftar SD) kayak toko baju di Mangga 2, jadi gw tanya : ‘kenapa’

Jawabannya bikin gw bingung n sedikit puyeng, gini nih jawaban si X : “Bayangin, untuk masuk SD ini anak ku yg TK nya juga udah sekolah disitu, setelah dites, ditawarkan uang masuk 6 juta dan uang sekolah 400 ribu/bulan, kenapa aku blg ditawarkan…krn trs aku boleh nawar!!!! Aku blg, blh gak kalo uang masuknya 3 or 4 juta aja dan uang sekolah 300 ribu/bulan, tau gak jawaban org dr yayasan SD tsb yg wawancara itu, dia blg’ibu kan punya toko 3, mobil 2, masak gak sanggup sih bayar segitu’, cobain…masak sekolah sampe nge cek toko ku ada brp, padahal kan tokonya aku sewa !!”

 Lha jadi gw tanya lagi, : “tau drmn sekolah bahwa loe punya toko 3 (padahal sewa), dan mobil 2?”

Ibu X bilang : “ada yg survey dan waktu tes anakku juga ditanyain mamanya punya mobil brp, di rumah pake AC gak,dsb!

Huahahaha… model baru nih, yg gw tau kalo mau ambil kredit dr bank (pengalaman ni yeee….) baru ada survey2an segala …t’nyata mau sekolah juga disurvey dulu ya?

Trs gw iseng nih, insting mak gossip, telpon ke temen kuliah yg anaknya sekolah di salah satu SD di Jakarta dan tahun ini hrs masuk SMP. Gw tanya ama berapa uang masuk SMP nya… kebetulan anaknya mau masuk ke SMP LS, SMP swasta yg terkenal di Jkt dan terletak di kompleks salah satu institute (gak usah disebut ya?), ternyata dia bilang kalo lulus tes anaknya hrs bayar 20 JUTA !!

GEDUBRAAAK!!!!

Gw yang bloon banget gak pernah tanya2 sebelumnya, apa gimana ya, apalagi temen itu bilang bhw sekarang kalo dia mau masukkin anaknya ke SMP negeri (yg percontohan or negeri plus) juga biayanya kur-leb 8 juta-an.

Padahal 19 tahun yg lalu, biaya masuk universitas trisakti (jurusan teknik misalnya) itu cuma 5 juta….(kuno loe mak…itu kan 19 tahun yg lalu!)

Waduh…ternyata sekolah mahal ya….ada yg murah sekolah negeri yg di pinggir pasar deket rumah gw nih….gw tanya sama si mbak yg bantu gw gosok di rumah…ternyata masuknya tetep aja 600 rb…(uang buku,uang seragam dsb), trs ada uang ujian dsb,..lho katanya gratis?

Jadi…gimana anak2 sekarang mau pinter dg sekolah…kalo sekolahnya muahal gt ya… pantesan banyak yg korupsi, banyak yg bunuh diri, banyak yg jadi pencuri…dan banyak yg gak sekolah….

Kalo gak sekolah, bisa juga sih, kan banyak buku2 yg judulnya :’Mau Kaya, Ngapain Sekolah?’ atau judul2 senada lainnya, atau homeschooling aja…masalahnya si mbak yg gosok di rmh gw itu gak sanggup ngajarin anaknya sendiri di rmh krn selain dia juga gak bisa mbaca..dia juga hrs pontang panting nyari duit untuk makan keluarganya…apalagi beli buku2 atau beli komputer untuk anaknya

Dan ada juga sih orang2 yang sangat baik hati (semoga Allah SWT menambah rezekinya!!) yang mau membantu biaya sekolah, atau yg buat sekolah gratis untuk anak2 yg org tuanya gak mampu… tapi (aduh!!) gak semua daerah dan gak semua anak tertolong kan?

Emang sih, seharusnya tidak perlu bunuh diri atau korupsi &  mencuri, karena kita seharusnya yakin bahwa Allah SWT akan memberi kemudahan selama kita mau berusaha di jalan yang benar…..Amin!!

Ayo ibu2….bapak2…..calon ibu2…calon bapak2….nabung yg banyak…biar anaknya pada sekolah……..

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 13, 2008 in Tentang anak-anak, uneg-uneg

 

9 responses to “Sekolah ato gak usah

  1. Luthfi

    Maret 13, 2008 at 11:28 pm

    Sekolah zaman skrg sudah dikomersilkan. Cemana mo maju negara kita kalo begini terus. *sambil lirak-lirik tabungan dah ada berapa*

    Udah banyak blom……..

     
  2. Faradina

    Maret 14, 2008 at 11:17 am

    Aku juga sering dengar kalo biaya sekolah sekarang makin gila2an (atau sudah gila beneran). Mau ngomong apa? Ngadu ke para penggede, jawabannya pasti : “ya, akan kami tampung permasalahannya utk dibicarakan”. Gak tau, beneran apa gak ya dia ngomong itu. Begitu sudah keluar keppres, kepmen, kemplang, dan sejenisnya, tetap aja begitu. Apa iya, mesti ngadu ke pejabat republik mimpi?

    hahaha…..siiip!

     
  3. Landy

    Maret 14, 2008 at 1:18 pm

    Waduhhhhhhhhhhhhhhhh tak sanggupo aku mendengarnya mahal bangettttttttttttttttt

    kalo komen2 ini dibaca sama menteri pendidikan, siapa tau ntar anaknya mas landy udah kebagian sekolah bagus yang gratis mas…..amin….

     
  4. ashardi

    Maret 14, 2008 at 9:21 pm

    gimana korupsi m oilang…lha wong pejabatnya pada cari duit buat skolah anaknya…
    hiks…

    Nah…. iki sing jenenge “lingkaran suetan” ‘rek!!

     
  5. ventin

    Maret 15, 2008 at 12:32 am

    aku jg punya pengalaman nih mba…
    wkt di jogja, aku niat masukin rizqi wkt itu msh 14 bln buat playgroup. ga taunya biayanya muahale pol. Aku jd mikir lah cm playgroup aja kok biayanya segitu pa lg yg lebih tinggi jenjangnya. Wkt aku informasikan ke abi nya anak2, dia cm melongo. Akhirnya aku disuruh cari info sedetil2nya berapa biaya sekolah dari TK mpe Sarjana, baik disekolah negeri maupun swasta.
    Dan hasilnya, bikin abinya anak2 mengurungkan niat untuk pensiun muda, karna ternyata diitung2 tabungannya jd ga cukup klo mau nyekolahin anak mpe sarjana.
    Alamak piye iki…
    Yo weslah kerja terus ampe tua heheh

    Sami mbak sama bapake shafa n audri…hehehe.. , sekarang rizqi udah kelas berapa mbak?…salam sayang buat anak2 ya …..

     
  6. nexlaip

    Maret 15, 2008 at 1:17 pm

    ya Allah mudahkanlah rezeki saya biar anak nanti bisa pada sekolah …..😦

    Amin…Amin…….

     
  7. oRiDo

    Maret 19, 2008 at 9:37 am

    jaman sekarang…
    jamannya serba uang…
    jamannya susah…
    hhhhh…

    tetep semanget..

    setujuuuuu

     
  8. Resi Bismo

    Februari 4, 2009 at 2:16 pm

    ya gitu dech… apa boleh buat negara gak melindungi rakyatnya, makannya jangan salah pilih pemimpin.

    *yang berusaha tetep semangat, walau hidup berat

     

Tinggalkan Balasan

 
