RSS

Arsip Bulanan: April 2008

Obrolan Aneh…..(kalo gak mau dibilang gila..)

” Yang namanya dosa itu sebenernya bisa dirasakan, kalo hati kita terasa tidak enak setelah melakukan sesuatu, kita merasa TERSIKSA, berarti apa yang kita kerjakan itu berdosa…karena sebenarnya hati kita yang paling dalam punya sensor sendiri…untuk nyaring mana yang dosa , mana yang gak dosa…”

Jawabku dalam hati : setuju…….

” terus, Allah itu Maha Berkehendak, artinya jika Allah sudah memutuskan untuk memberi kita sesuatu, maka tidak ada satu makhlukpun yang dapat menghalanginya…”

Jawabku dalam hati : setuju……

” Jadi kalo kita ikut teman kita pasang nomor togel, dengan tidak memaksakan diri, tidak terlalu berharap untuk menang, sehingga hati kita tidak merasa tersiksa, enjoy aja…berati kita tidak berdosa lho…”

Haaaah??? Wah , udah mulai aneh nih….. : ucapku dalam hati.

” terus emangnya kenapa kalo gue kawin ama cowok yang gak Islam, semua agama itu kan diciptakan untuk membawa kebaikan, lagi pula kalo emang Allah tidak menghendaki kita untuk menikah dengan pasangan yang beda agama, pasti Allah gak akan ngasih jalan dong… kan Allah Maha Berkehendak…buktinya pesta pernikahan gue aman2 aja tuh…lancar banget !!! Berarti Allah gak ngelarang gue kan…kenapa loe yang pada makhlukpada ribut…rese’ banget!”

GEDUBRAAAAK!!!! Dan hatiku gak lagi berucap apa2…cuma Astaghfirullah. Astaghfirullah…Astaghfirullah….

Kok yang tadinya terdengar bagus, ujung2nya bisa salah terjemah kayak gitu ya??? hehehe…..pasti nih orang bener2 lagi bingung berat! jangan gila deeeeeeeh………

Udah gitu dilurusin malah ngeyel lagi!!!! ya sutra lah…..pergi aja jauh2 dari tempat ngobrol yang jadi aneh gitu…..daaaagg………. 

Iklan
 
13 Komentar

Ditulis oleh pada April 28, 2008 in satatan harian, uneg-uneg

 

Tsunami

Hari ini ketemu teman yang kebetulan orang Aceh…selama ini kami ngobrol selalu tentang anak2 atau tentang aturan2 agama yang berhubungan dengan perempuan..misanya tentang alis yang gak boleh dicukur ato ngebahas soal gimana ngadepin persoalan2 sepele tapi buat pusing kepala  di rumah masing2…

Baru hari ini , gak tau mulainya gimana , kok obrolan nyampe ke masalah tsunami Aceh 2 tahun yang lalu, dan ternyata temanku itu kehilangan 50 anggota keluarganya (paman, bibi, sepupu, termasuk keponakan, ipar, 4 orang kakak/adik dan ayahnya). Kebetulan saat itu ada acara keluarga, sehingga seluruh keluarganya kumpul untuk merayakan. Temanku itu baru dapat tiket tgl 30 (4 hari setelah tsunami) sehingga dia belum ikut berkumpul dengan keluarganya di sana. Dan saat itu, dia di tangerang nangis2 menyesal karena gak bisa dapat tiket (ternyata Allah punya rencana lain untuk dia)

Tgl 26 pagi, sesaat sebelum gempa, ayahnya menelphone dan ngobrol2, tertawa2 sama temanku itu dan suami serta anak2nya.   Beberapa saat kemudian ayahnya menelphone  lagi, bilang bahwa terjadi gempa, dan kata temanku itu ayahnya menasehati dia tentang musibah, umur, dan sebagainya tanpa bisa disela, jadi temanku hanya mendengarkan ayahnya, lalu ayahnya bilang bahwa abang temanku itu datang, temanku bicara sebentar dengan abangnya juga, lalu abang dan ayahnya berpesan agar temanku itu rukun2 dengan suami dan keluarganya, didoakan selalu sehat. Lalu telephone ditutup.

Read the rest of this entry »

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada April 27, 2008 in satatan harian, uneg-uneg

 

Myg…oh…myg….

Hari ini, seperti biasa…pagi2 bangun…mulai deh perang di dapur dan beres2 rumah…jam 10 pagi berangkat ‘dinas’ nganter abang ke sekolah dan nunggu di rumah tetangga sekolah yang memang dijadikan markas buat ibu2 yang nunggu anaknya , sambil nunggu wajib beli gorengan atawa mie, karena yang punya rumah jualan… (masak cuma numpang duduk tapi gak beli apa2…minimal sebuah combro bukan?? huehehe..bilang aja laper!!)

Nah, seperti biasa pula..biasanya ntar ada aja tuh ibu yang ngomel, entah tentang anaknya, genteng yang pada bocor (maklum tangerang udah mulai ujan lagi nih) etc..etc…

Hari ini agendanya adalah mygsr ….hehehe…sebenernya sih cek list untuk target diri udah dibuat..tapi kayaknya yang soal menghindari ghibah, hari ini GATOT alias gagal total..karena mie ayam belum habis dan pembicaraan (diskusi…ciee…sok loe ny!!!) baru dimulai..sayang mienya kalo ditinggal…dibungkus gak enak… (muke ngeles : mode on). Ada nih tetangga yang emang benci banget ama yang namanya baca,  mo buku pr anaknya kek, majalah kek, apalagi tabloid. tapi, semenjak ada berita myg…ya ampun semua tabloid yang ada berita myg – hlh- bbg pasti dibeli…terus tabloidnya itu langsung dianter kerumahku (emang sebelah rumah persis!), en dia bilang “nih ny…untuk loe, gue udah selese!” padahal tabloidnya itu masih kinclong2…belum ada tanda2 dibaca sama sekali..dan kalo ditanya “kok kayak belum dibaca?” dia bilang “Gue cuma baca yang bagian berita myg doank…” dan bisa dilihat jelas dari wajahnya..kalo keliatan kesel berarti beritanya pro ke myg..kalo keliatan bahagia berarti beritanya pro ke hlh…wakakak……

Begitu juga dengan ibu2 di sekolah hari ini , ada yang sampe semangat banget ,..sampe gak bisa duduk..ngomongnya sambil berdiri mulu,,(sampe gak enak karena aku kan duduk sambil makan mie…), ada juga yang kayak diriku..cuma makan mie ato jajan2…sambil dengerin baek2.. (dengan semangat nambah tentunya…saking serunya …yang nanggung2 ..mo ngomong takut..tapi gak mau ketinggalan cerita huehehe…)

Setelah selese makan mie…ngacir deh ke bawah pohon depan sekolah abang (kebayang gak…sambil payungan lagi!!). Terus , jadi inget ama cek list yang baru tadi pagi dibuat..sambil nyesel2 sendiri..subuhnya dapet, ngapalnya dapet..eh…ghibah lagi!!! Astaghfirullah….

jadi inget juga ama postingan mas landy “mengungkap dosa adalah dosa”.., kalo dosa sendiri diungkap aja bisa dosa apalagi dosa orang yang diomongin…Eh, tapi kan yang dosa itu kalo dosa diri sendiri yang sudah ditutupi Allah SWT malah diungkap ke orang2 yang mungkin sebenernya pada gak tau…kalo soal myg kan rasanya dosanya emang gak tertutupi..buktinya ada di tabloid2 dan infotainment , jadi boleh kali ya diomongin?? (dasar o’on…o’on…yah tetap gag boleh dong!!!!! kan belum tentu bener…bisa masuk ke ghibah..bisa juga jadi fitnah tau!!)

ah..ya udah deh…intinya hari ini…aku ternodai deh oleh ghibah…….

gimana ya???? abis emang seru banget….(udah salah…malah bilang seru!)

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada April 25, 2008 in obrolan ibu2, uneg-uneg

 

Target diri…

Hari  ini bener2 Alhamdulillah deh…..dari pagi rasanya semuanya aman, damai dan nyaman….hehehe…

Pagi2 ada temen lama yang dulu2 seringnya ketemu di kelurahan pas masih aktif2nya ikut BPD (badan perwakilan desa), yah gak aktif amat sih banyakan bolos rapatnya…(abis yang dirapatin masalahnya gak jauh2 dari duit sih…hehehe). Mbak Wati namanya, dulu sambil aktif di BPD dia juga ngajar di salah satu sekolah (lupa SMP or SMA ya?)…nah setelah aku ngundurin diri dari bpd (karena isin …bolos mulu)..jadi jarang deh ketemu ama mbak Wati ini, sampe akhirnya seminggu yang lalu ketemu lagi di klinik fisioterapi deket rumah..(shafa dan audri harus terapi uap karena batuk), dan akhirnya mbak wati ini memutuskan untuk dateng ke rumah pagi ini.

Terus setelah tanya-tanya kabar anak2, suami, akhirnya kita ngobrol dengan seru… gak ngomongin orang kok….Mbak Wati ini cerita bahwa udah 3 tahun ini (wah…tenyata lama juga ya..gak ketemunya), dia dan suaminya  sedang nyoba belajar membenahi diri…dengan bimbingan seorang “abah” di Banten (sekitar 1 jam dari rumahnya). abah yang dimaksud sebenernya adalah seorang ustad yang gak mau dipanggil haji or ustad, orangnya sabar, lemah lembut dan mengajak orang yang datang kerumahnya untuk kembali bersih dengan cara menjalankan semua aturan agama (Islam) dengan baik.

Si Abah ini bilang bahwa setiap orang seharusnya menyesuaikan ‘bismillah’ nya dengan perilaku sehari2….maksudnya jangan ngapa2in baca bismillah tapi kerjaannya cuma nyakitin orang misalnya….kalo bilang alhamdulilah yah berati bersyukur jangan cuma di mulut…tapi tunjukkin dong syukurnya dengan cara berbagi dengan fakir, miskin, anak yatim dll….yang namanya shalat seharusnya bener2 mencegah kita dari perbuatan munkar, dan semua orang seharusnya menjadi orang2 yang sabar…karena kalo kita sabar insya Allah akan dibukakan semua jalan…

Pokoknya banyak lagi yang diceritain mbak Wati tentang ‘abahnya’ dan terus terang jadi malu banget…karena rasanya masih jauh dari sabar.. padahal udah bolak balik baca buku2 bagus..postingan2 bagus….masih juga ….(kerjanya ngomelin shafa mulu…)

Ah..pokoknya mulai hari ini (apa besok aja ya…hehehe..dasar!!!), setiap bangun pagi..mo niatin diri ini harus sabar!!!! mulai hari ini rasanya ada target2 yang mesti dikerjakan deh :

  1. gak boleh males bangun sholat subuh
  2. setiap hari harus mulai baca Alqur’an (plus artinya), dan jalankan!! gak cuma dibaca doang…(biarpun cuma 1 ayat!!), kalo bisa hapalkan (harus bisa bu…masak cuma 1 ayat gak bisa), ini ngikutin postingannya om dsusetyo nih…tengkiu pak…
  3. Mas Tok harus lebih keurus (hihihi..maap mas…)
  4. sama Abang dan Adek…mesti ditambah sabarnya..gak boleh ngomel…
  5. mesti belajar masak yang enak ..biar pada nambah makannya…
  6. kalo ada temen yang ghibah mesti kabuuuurr…jangan denger…. (emang gak pernah ikut ngomongin sih tapi dengerin juga ternyata gak boleh kan???)
  7. oiya….shalat tahajud…mesti dirutinin…
  8. sama ani dan mbak wiwik( yang mbantu2) juga mesti lebih manis…. huehehe…bonus dan uag jajan mesti ditambahin…(ntar ya…pas gajian….)
  9. mesti tambah rajin nge blog.. (lho!!!!), maksudnya biar bisa baca postingan2 bagus….
  10. apa lagi ya…..semoga bisa ya…..

 

 

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada April 23, 2008 in emak parno, satatan harian, uneg-uneg

 

Suebeeelll….

Wah..sebel deh….selama ini kan kalo ngeblog pake telkomnet instan…trs mas tok protes karena tagihan telkom jadi meledak …duarrrr!!!

Akhirnya, nyoba deh masang speedy, kebetulan lagi promo nih…modem free.. ya udah…

eh…jum’at dipasang, sabtu gak nyala tuh modem…minggu nyala lagi..tapi setengah jalan mogok….lapor deh ama yang petugasnya…dibenerinnya senin tapi gak selese karena mesti meriksa kotak yang ternyata di atas genteng, padahal lagi hujan lebat… walhasil baru selese hari ini nih…

Yang sebelnya bukan ama petugasnya ato ama modemnya.. (maklum lah free an punya…pasti agak mogok2 donk..hehehe), sebelnya waktu minggu kemaren sebelum macet ditengah jalan aku udah buat postingan baru, udah di publish rasanya (??) eh hari ini buka ,kok belum ada tuh postingan..

yah…terpaksa deh publish ulang… padahal udah nunggu2 saran2 dari para blogger lain..(yang mampir…)

Nasib….nasib….

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2008 in uneg-uneg

 

Minggu, 20/4/08

Hari ini pijit ama mantan bibik yang dulu mbantu2in gosok, nyuci dan beres2 rumah. Bibik minta pensiun karena katanya capek kerja rumah tangga, sedangkan biasanya abis kerja dia suka terima panggilan untuk mijit di rumah2 tetanggaku. Lagian saat itu dia punya problem ama suaminya, suaminya selain ngojek juga suka selingkuh ama penumpangnya (hehehe… ini namanya sambil menyelam minum air…), jadi dia kesel katanya udah capek2 kerja masih mijit lagi untuk bantu perekonomian keluarganya eh…suaminya malah rajin selingkuh

 

Read the rest of this entry »

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 22, 2008 in satatan harian, uneg-uneg

 

pamali…..

pernah denger kan …orang2 bilang : gak boleh tuh..pamali!!! huehehehe…kalo aku sering banget, kemaren aja nih baru denger lagi…

Hari Senin ini kan si Abang udah harus masuk sekolah lagi, setelah hampir 3 minggu diistirahatkan di rumah  (berkat dbd, batuk dan pilek), nah jadi hari Minggu udah mulai deh seisi rumah geger nyari pensilnya yang terlempar2 oleh Audri selama ‘istirahat’ itu, nyari buku matematikanya (yang ternyata jadi satu ama buku2 dan majalah di ruang tv) dan nyari segala macem pernik2 yang mau dibawa ke sekolah lagi..meja belajarnya aja isinya maenan semua..saking selama istirahat gak belajar  sama sekali. Temasuk juga nyiapin kuku Abang untuk pemeriksaan rutin setiap senin di kelasnya (hehehe…gunting2 kuku maksudnya, bukan disiapin trs dikasih bumbu!!). Kalo rambut masih rapi kan…

Nah, pas mau gunting kuku itulah kedengeran lagi kata2 yang terlalu sering terucap tapi sebenernya gak ada maksudnya sama sekali…si mbak Wik yang mbantu2 gosok di rumah bilang : “Lho Bu, Abang kan masih belum sembuh bener dari sakitnya, kok gunting kuku..pamali bu!”

Nah lho!!! apa lagi hubungannya anak masih sakit ama gunting kuku?? Pokoknya gak boleh…gitu kata si mbak Wik..waktu aku tanya hubungannya apa?

Gunting kuku tetap jalan dong..masak iya anakku ke sekolah dengan kuku gondrong! si Mas Tok bilang : ‘Kalo anak lagi sakit, apalagi flu, biasanya kan emang suka rewel karena badannya gak enak, jadi kalo orang tua jaman dulu memang milih gunting kuku pas anaknya sehat..biar gak ruwet!!” Jadi ngapain jadi mikirin ??

Tapi kalo dipikir2…(makanya jangan mikir!) emang hal2 beginian nih yang malah subur… anak perempuan gak boleh duduk dpn pintu ntar gak laku (pisang goreng kaleee…..), kalo istri lagi hamil suami gak boleh ngalungin handuk di leher ntar anaknya kebelit, kalo lagi hamil harus digantungin gunting kecil di baju ibunya (emangnya tukang gunting!)…wah pokoknya banyak lagi deh…yang herannya lagi kadang2 yang nganjurin orang2 tua yang sebenernya (ato seharusnya???) lebih dalem pengetahuan agamanya. Begini ini kan musyrik!!

Jadi emang baeknya jangan percaya deh ama yang pamali2 gini…aneh2 aja!!

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2008 in uneg-uneg