RSS

pamali…..

14 Apr

pernah denger kan …orang2 bilang : gak boleh tuh..pamali!!! huehehehe…kalo aku sering banget, kemaren aja nih baru denger lagi…

Hari Senin ini kan si Abang udah harus masuk sekolah lagi, setelah hampir 3 minggu diistirahatkan di rumah  (berkat dbd, batuk dan pilek), nah jadi hari Minggu udah mulai deh seisi rumah geger nyari pensilnya yang terlempar2 oleh Audri selama ‘istirahat’ itu, nyari buku matematikanya (yang ternyata jadi satu ama buku2 dan majalah di ruang tv) dan nyari segala macem pernik2 yang mau dibawa ke sekolah lagi..meja belajarnya aja isinya maenan semua..saking selama istirahat gak belajar  sama sekali. Temasuk juga nyiapin kuku Abang untuk pemeriksaan rutin setiap senin di kelasnya (hehehe…gunting2 kuku maksudnya, bukan disiapin trs dikasih bumbu!!). Kalo rambut masih rapi kan…

Nah, pas mau gunting kuku itulah kedengeran lagi kata2 yang terlalu sering terucap tapi sebenernya gak ada maksudnya sama sekali…si mbak Wik yang mbantu2 gosok di rumah bilang : “Lho Bu, Abang kan masih belum sembuh bener dari sakitnya, kok gunting kuku..pamali bu!”

Nah lho!!! apa lagi hubungannya anak masih sakit ama gunting kuku?? Pokoknya gak boleh…gitu kata si mbak Wik..waktu aku tanya hubungannya apa?

Gunting kuku tetap jalan dong..masak iya anakku ke sekolah dengan kuku gondrong! si Mas Tok bilang : ‘Kalo anak lagi sakit, apalagi flu, biasanya kan emang suka rewel karena badannya gak enak, jadi kalo orang tua jaman dulu memang milih gunting kuku pas anaknya sehat..biar gak ruwet!!” Jadi ngapain jadi mikirin ??

Tapi kalo dipikir2…(makanya jangan mikir!) emang hal2 beginian nih yang malah subur… anak perempuan gak boleh duduk dpn pintu ntar gak laku (pisang goreng kaleee…..), kalo istri lagi hamil suami gak boleh ngalungin handuk di leher ntar anaknya kebelit, kalo lagi hamil harus digantungin gunting kecil di baju ibunya (emangnya tukang gunting!)…wah pokoknya banyak lagi deh…yang herannya lagi kadang2 yang nganjurin orang2 tua yang sebenernya (ato seharusnya???) lebih dalem pengetahuan agamanya. Begini ini kan musyrik!!

Jadi emang baeknya jangan percaya deh ama yang pamali2 gini…aneh2 aja!!

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada April 14, 2008 in uneg-uneg

 

12 responses to “pamali…..

  1. ashardi

    April 15, 2008 at 7:40 am

    huehuehue…ndak masuk logika yo mbak😀

     
  2. ven

    April 16, 2008 at 6:50 pm

    hehehe setujuuuuu

    pamali atuh mba ngga mampir ke blog ku
    haiyah apa2an lg inih…

    hihihi… kemane aja mbak…kok ada komen …gak keliatan postingannya?? padahal nungguin lho!!!

     
  3. Um Ibrahim

    April 17, 2008 at 1:52 am

    Uuleuh…aya2 wae😉 ari pamali teh bahasa arab na “aib” mereun?

    Yang musrik bukan pamalinya kali? tapi percaya sama hal2 yang mengada-ngada/ unnatural, bukan?

    soalnya kalo keluar rumah gak pake jilbab pamali juga, gak?

    pamali pasti mbak…huehehehe….

     
  4. Zulmasri

    April 17, 2008 at 4:15 am

    Wah jangan-jangan posting dan komen pamali ini kalau diketahui si mbaknya juga dianggap pamali. ih, takut…

    hehehe….

     
  5. hanggadamai

    April 17, 2008 at 7:04 am

    tapi kadang ada yg bener loh😉

    ah masak…hihihi….

     
  6. R' Kurniawan

    April 17, 2008 at 3:47 pm

    maklom lah, klo orang tua kita jaman dlo kan sangat perhatian. dan belom ada teknologi mendukung yg dapat memberi kejelasan tentang sebab akibat dari suatu kejadian makanya di bilang pamali.

    tapi sebagian besar juga ada yg bener tuh

    salam kenal y

    salam kenal juga…

     
  7. myviolet

    April 18, 2008 at 4:35 am

    KALO DARI BUKU YANG PERNAH ROY BACA…
    PAMALI ITU BERASAL DARI ILMU TITEN (MENANDAI)
    JADI ILMU TITEN ATAU PAMALI ITU ADALAH HASIL DARI KESIMPULAN YANG DIAMBAIL DARI KEJADIAN KEJADIAN YANG SAMA DARI MASA KE MASA DENGAN UNSUR SEBAB AKIBAT YANG HAMPIR SAMA….

    NAH PERTANYAAN DARI ROY…

    INLMU TITEN ATU PAMALI INI
    DALAM ISLAM HUKUM NYA BID’AH ATAU TIDAK?

    KIRIM JAWABAN ANDA KE
    myviolet.wordpress.com

    atao tulis di komentar posting ini

    heheh
    numpang promosi ya….

    halo roy…boleh numpang promosinya kok.. (sst…bayarnya pake promosiin blog ku juga ya…)
    Bid’ah ato nggak…gak tau…tapi rasanya sih gak boleh ya…kecuali niteni kayak gini nih : misalnya mendung itu tandanya mau hujan saya rasa boleh, kalo niteni yang agak musyrik seperti ibu hamil harus pake bangle supaya selamat..ini gak boleh..karena yang bisa ngasih keselamatan buat manusia hanya Allah SWT.

     
  8. Landy

    April 20, 2008 at 5:00 am

    Waduh aku dapet ilmu baru neh dari komennya mas Roy , seip mantap🙂

    Alhamdulillah…ada juga manfaatnya….
    gimana mas landy…boleh diprint trs dijilid??? hehehe…….

     
  9. uwiuw

    April 20, 2008 at 7:16 pm

    heheh aneh banget yah…setiap suku di tanah air punya tradisi pamalinya masing masing, dan maunya dijadiin salah satu budaya yg harus dilestarikan. tapi kalau ngak logis masak harus diwarisin ke anak2 kita🙂

    tul…..

     
  10. oRiDo

    April 21, 2008 at 1:06 pm

    pamali..
    emang banyak hal yg dibilang pamali tuh gak masuk akal..

    klo pamali potong kuku itu maksutnya masalah waktu aja kli bu.. jd “anak masih sakit kok sempet2nya potong kuku” .. gitu kali.. gak ada hubungannya dengna gak boleh ato gmn.

    iya ya, suamiku juga bilang gitu tuh….

     
  11. Pujangga

    Mei 14, 2008 at 8:42 am

    Pamali tergantung sugesti kita tinggal kita merespon dengan gimana? kalo kita mempercayainya al hasil pasti bisa terjadi ( karena sesuatu yang didasari iman akan terjadi menurut iman itu )

     
  12. bayu

    Juni 7, 2011 at 10:00 pm

    maap nih cm ikut-ikutan.
    sebenarnya masalah seperti itu didasarkan kejadian yg sering dialami dan berulang2 juga krn kasih sayang ortu kpd anaknya. biasanya dikasih kiasan krn yg muda biasanya mbantah, contohnya bangle n dlingo jaman dl ga ada obat nyamuk bakar n penyegar ruangan selain itu bs untuk kompres demam u/ bayi(jmn dl ga da byebye fever), sapu lidi untuk menghalangi sembarang orang masuk krn ada bayi yg sedang sakit(semacam lampu di ruang ronsen). jgn potong kuku stlh br hbis sakit krn pertumbuhan kuku setelah sakit tdk stabil cenderung lunak(dl ga da gunting kuku). nah mungkin di kampung si mbaknya msh subur budaya kasih sayang spt itu(larangan krn atas dasar ortu thd anak2nya)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: