RSS

Bersyukur……

06 Jun

Ada buku bagus, pinjeman dari tetangga, hehehe….sengaja disalin supaya kalo bukunya dikembaliin, masih ada yang bisa dibaca ulang…lagian kan siapa tau temen2 yang baca ikut seneng juga…ya gak….

Judul bukunya ’20 perintah Tuhan’ karangan Muhammad Husain Ya’qub, penerbitnya Sahara Publisher. Yang aku salin dsini, bab 3 nya, “Bersyukurlah! Sesungguhnya itu akan menjadi sebab bertambahnya nikmat”….hal 59 isinya gini :

‘Anbasah bin al-Azhar mengisahkan : Muharib bin Ditsar-seorang hakim di Kufah – adalah tetangga dekatku. Pada sebagian malam, seringkali aku mendengarnya berkata  ” Aku adalah anak kecil yang Engkau asuh, segala puji bagi Mu. Aku adalah orang lemah yang Engkau kuatkan, segala puji bagi Mu. Aku adalah orang miskin yang Engkau kayakan, segala puji bagi Mu. Aku adalah orang asing yang Engkau beri Wasiat, segala puji bagi Mu. Aku adalah orang fakir yang Engakau buat kaya, segala puji bagi Mu. Aku adalah orang lapar yang Engkau Kenyangkan, segala puji bagi Mu. Aku adalah orang telanjang yang Engkau beri pakaian, segala puji bagi Mu. Aku adalah seorang musafir yang Engakau temani, segala puji bagi Mu. Aku adalah orang hilang yang Engkau tunjukkan jalan kembali, segala puji bagi Mu. Aku adalah pejalan kaki yang selalu Engkau dukung, segala puji bagi Mu. Aku adalah orang sakit yang Engkau sembuhkan, segala puji bagi Mu. Aku adalah peminta-minta yang Engkau kabulkan permintaanku, segala puji bagi Mu. Aku adalah pemohon yang Engkau kabulkan permohonannya, segala puji bagi Mu. egala puji bagi Mu, wahai Tuhan kami, Betapa banyak pujian melebihi pujianku kepada Mu…

Wahai Tuhan,

Cahaya Mu telah sempurna dan Engkau masih tetap memberi petunjuk, segala puji bagi Mu. Rasa sayang Mu begitu besar dan Engkau masih tetap mengampuni, segala puji bagi Mu. Engkau bentangkan tangan Mu, lalu Engkau berikan (segala rezeki), segala puji bagi Mu. Wahai Tuhan kami, WajahMu adalah wajah yang paling mulia. PangkatMu adalah pangkat yang paling tinggi.Pemberian Mu adalah pemberian yang paling utama dan paling bermanfaat. Saat ditaati, diri Mu berterimakasih, wahai Tuhan kami. Saat perintah Mu dilanggar, Engkau mengampuni. Engkau mengabulkan (doa) orang yang dipaksa, menhilangkan bahaya, menyembuhkan penyakit, mengampuni dosa, menerima taubat, Tidak seorangpun dapat membalas karunia Mu dan tidak ada suatu ucapan pun yang dapat memuji Mu setinggi-tingginya….segala puji bagi Mu , wahai Tuhan ku.

Dari Ali bin Abi Thalib, dia berkata kepada seorang penduduk daerah Hamdan : ” Nikmat disampaikan dengan bersyukur dan syukur itu berkaitan erat dengan bertambahnya nikmat. Keduanya adalah 2 hal yang sama. Bertambahnya nikmat dari Allah SWT tidak akan terputus hingga rasa syukur dari sang hamba terputus”

Bagaimana cara mensyukuri nikmat? :

  • mengakui nikmat
  • memuji Allah SWT atas nikmat Nya
  • tunduk kepada Allah SWT dengan nikmat Nya
  • mencintai sang Pemberi nikmat
  • menggunakan nikmat tsb untuk bersyukur kepada sang Pemberi nikmat

                                    

 
22 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 6, 2008 in satatan harian

 

22 responses to “Bersyukur……

  1. ubadbmarko

    Juni 7, 2008 at 3:02 pm

    Kalo kita sudah pandai bersyukur hidup pasti terasa makmur.

     
  2. Gelandangan

    Juni 8, 2008 at 6:35 pm

    yang ini banyak orang enggak bisa beryukur itu klo dilihat dari katax aja sepeleh tapi klo dah dijalanin susah banget mas

     
  3. sufimuda

    Juni 8, 2008 at 9:54 pm

    Syukur adalah kunci kebahagiaan….

     
  4. hanggadamai

    Juni 9, 2008 at 2:11 am

    bersyukur jangan hanya dikala bahagia, tetapi harus di setiap saat🙂

     
  5. ven

    Juni 9, 2008 at 2:19 am

    mang emang bener mba…bersyukur bikin bertambahnya nikmat..

    setidaknya dg bersyukur hasrat duniawi sedikit di rem gag melulu yg dipikirin gmn ngedapetin “dunia” terus.

    akhirnya jd mikirirn jg kebutuhan akhirat. Hatipun jadi lebih tenang.

     
  6. Nin

    Juni 9, 2008 at 9:53 am

    Kita-kita jadi pada ikutan baca…
    Makasih ya…
    Sering-sering ajha😀

     
  7. rhainy

    Juni 9, 2008 at 9:47 pm

    @mbak nin, mbak ven,hanggadamai,sufimuda, gelandangan,ubadbmarko

    sebelumnya ,maap…dijawab borongan komennya… hehehe…(sok sibuk banget ya?)…makasih ya….semuanya!..emang…bersyukur aja ternyata mesti belajar…mudah2an kita semua jadi hamba2 Allah SWT yang selalu bersyukur ya!! amin….

     
  8. indra1082

    Juni 10, 2008 at 9:09 am

    Semoga kita menjadi Umat yang pandai Bersyukur…….Amin….

     
  9. tintin

    Juni 10, 2008 at 10:12 am

    Mbak / Bu .. ikut nambahin boleh .. dan sekedar saran sesungguhnya dalam Al QUr’an banyak ayat yang menyarankan kita untuk bersyukur .. dan kenapa kita harus kembalikan dulu ke al qur’an .. karena Al QUr’an kitab kita yang paling utama dan didampingin dengan As Sunnah .. so .. ceritnya bagus sekali .. tetapi bagi saya wejangan dari ALLAH sangat lebih bagus sekali ..🙂

    “Artinya : Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” [Ibrahim : 7]

    Bersyukur juga dengan apa² yang telah diberikan oleh ALLAH baik sedikit, sempit ataupun banyak dan lapang. dan kita dilarang mengingkari dan mencela jika kita terkena musibah, kesusahan atau kesempitan dan ini menjadi amalan yang utama karena bersyukur dalam kondisi yang sempit sulit dilakukan.. selain itu kita tidak boleh ingkar apabila kita ingkar dengan nikmat dan tidak bersyukur maka kita diancam oleh ALLAH.

    Apabila engkau tidak melihat keadaanmu bertambah, maka hadapilah ia dengan syukur. (Lihat, Madaarijus Saalikiin, (II/199, 235, 243).)

    Kemudian beryukur juga tidak hanya di lisan .. tetapi juga dengan amal perbuatan, seperti firman ALLAH pada keluarga Daud

    Artinya : “Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah) Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur” [Saba : 13]

    Kemudian yang paling mudah adalah selalu memuji ALLAH dengan nikmat yang kita terima ..

    selain itu ada beberapa tambahan lain ..

    1. Tidak mengeluh dengan apa yang diberikan ALLAH kepada kita
    2. Selalu melihat ke bawah (maksudnya melihat kondisi orang yang dibawaha kita) agar kita merasa selalu bersyukur dengan nikmat ALLAH yang dilebihkan kepada kita dari orang lain ..

    mungkin ini sekedar tambahan dari saya yang sangat sedikit ilmunya ..

    maaf bu jadi banyak nulis di sini ..🙂

     
  10. Rita

    Juni 10, 2008 at 11:00 pm

    Nikmat bukan hanya berupa kesenagan melainkan juga berupa kesedihan (cara Allah menegur hambaNya yg Allah kasihi).. Bersyukur karena diberi keberuntungan, kesenangan, mudah dilakukan.. Tetapi bersyukur karena kesedihan dan ketidak beruntungan, hanya orang2 yang diberi kemampuan menangkap hikmah dibalik semua itu yg mampu melakukannya…..

     
  11. natazya

    Juni 11, 2008 at 10:18 am

    bersyukur itu susah… soalnya gampang lupa hehe

     
  12. Alex

    Juni 11, 2008 at 4:12 pm

    Ass.

    aku orang yang tak tau apa-apa yang Engkau berikan tahu sedikit saja.

    nice posting mbak…boleh di copy nggak ? buat bacaan pribadi aja.

    salam kenal ya mbak

     
  13. rhainy

    Juni 11, 2008 at 4:19 pm

    @mas indra….. amin…amin….amin…
    @mas tintin….wah ya jelas boleh banget, makasih banyak ya!!!
    @mbak rita
    ya mbak!! semoga kita jadi orang2 yang selalu bersyukur, susah ato senang ya? amin.
    @ natazya
    hehehe…ya…aku juga gitu….banyakan lupanya…kita saling ngingetin ya….
    @ mas alex…..boleh…aku juga dapet ngopi eh nyalin dari buku minjem kok…hehehe…moga2 manfaat ya! salam kenal lagi….jangan kapok mampirnya ya?

     
  14. Alex

    Juni 11, 2008 at 4:28 pm

    o..tengkyu….tengkyu..dah copy..moga berkah dan bermanfaat..

    sy link ya mbak

    sip…ta’link juga mas alex…makasih banyak…gara2 jalan2 ke mas alex ..aku jadi tau blognya pak ersis…tengkiu juga!!!

     
  15. Qizink

    Juni 11, 2008 at 4:47 pm

    syukur gw berkesempatan baca postingan ini….:D

    syukur juga…aku jadi nambah temen lagi….:D

     
  16. diorockout

    Juni 11, 2008 at 6:35 pm

    Alhamdullillah

     
  17. nung

    Juni 11, 2008 at 8:20 pm

    bersukur atas segala ssuatu

     
  18. realylife

    Juni 11, 2008 at 8:30 pm

    ingatkan hamba untuk selalu bersyukur padamu

     
  19. mataharicinta

    Juni 13, 2008 at 9:34 pm

    mbak….
    udah baca novelnya ketika cinta bertasbih punya kang abik lum?
    wah, bagus loh mbak

    udah neng, iya…bagus…
    lagi ada film korea nih neng, ‘on air’ judulnya….lumayan neng…happy ending…tengah2nya bisa untuk nyuci mata..(agak nangis2 dikit gituh)

     
  20. rhainy

    Juni 14, 2008 at 1:12 pm

    @diorockout, nung, realylife
    alhamdulillah…udah mampir…jangan bosen ya…

     
  21. mataharicinta

    Juni 14, 2008 at 7:48 pm

    ada nangisnya mbak?
    aduuuh, neng paling cengeng nih kalo ada yang gituan. pasti langsung berkaca-kaca n langsung nangis. kalo udah gitu neng paling sebel. soalnya mata neng langsung perih dan gak mood pastinya.
    kaya tadi neng baca ketika cinta bertasbih ada haru dikit aja, duh mata neng ini mau ngalir aja.
    kadang nih mata bikin malu aja deh mbak. gampang banget ngalirnya.
    eh iya, mbak….setelah sekian lama, neng mau link blog mbak ya. bir gampang:)
    blog neng link juga yo.

    wah…cup….cup….neng!!
    aku disuruh nge link blog mu??? udah lamaaaaa…tau! hehehe….dari awal juga udah nyangsang tuh…liat deh…aku pakein nama IKA …
    blog ku baru mo di link????? kebangetan!!!!! hayuh cepetan!!! hehehehe……
    makasih neng…..

     
  22. mataharicinta

    Juni 17, 2008 at 9:10 pm

    hehehe……
    sorry mbak ku yang manizzzzzzzzzzzzzz
    pisss…pisss….
    ntar dibeliin surabi bandung deh ya, mau?:)

    pissssss juga!!!😀
    surabi…mau!!! kirimin bisa?? ato dikau maen ke rumah, juga boleh…bisa tukeran film hehehe…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: