RSS

Asal nama anak2ku

21 Okt

Nama….katanya setiap orang tua wajib memberikan nama buat anaknya…namanya harus nama yang berarti baik…kebaikan pertama yang dilakukan seorang ayah kepada anaknya adalah memberinya nama yang baik….

Aku ingat dulu, waktu aku masih kecil (mungkin sd kelas 2 atau kelas 3), guru ngaji yang biasa datang ke rumah, bilang gini : “Nama kita harus nama2 yang dikenal Allah seperti masyitoh, aisyah, dll (pokoknya nama2 yang beliau sebut semuanya  nama2 dalam bhs Arab), kalo nggak…ntar gak bisa masuk surga!”

Waduh….kebayang gak sih saat itu  (dan beberapa saat sesudahnya, sampai sekarang kadang2…hehehe….), aku ngeri setengah mati , hampir saja minta mama untuk ganti nama …wong namaku gak ada arab2 nya jeee…untung rasa takutku minta ganti nama ke papa or mama lebih besar dibanding gak masuk surga (wakakakak…maklum , diotakku saat itu drpd dimarahin mama, mending gak ganti nama , surga kan masih lama……namanya juga anak kecil!!). Ssst…pelajaran yang bisa diambil dari paragraf ini adalah , kalo nyariin anak guru ngaji…cari yang gak nakut2in ya…..hehehe (btw, makasih banyak buat guru ngajiku…berkat beliau aku bisa baca huruf2 hijaiyah dengan lancar walaupun gak indah2 amat, aku bisa tau fiqih biar dikit2; Setelah besar gini…aku gak nyalahin beliau…karena aku tau beliau emang dibesarkan dengan cara berbeda denganku terutama dari sisi pandang memahami agama)

Tapi…. ngasih nama emang gampang2 susah…aku inget pada saat hamil si Abang…aku udah beli buku2 nama bayi, setiap malem bacaannya itu…(hehehe)…kadang2 berantem ama mas tok gara2 nama yang kami pilih gak klop hehehe…

Untuk nama  Abang, aku rencana mau kutambahin  Edwin – nya…karena dokter kandunganku namanya dr Edwin Abbas (alm), orangnya sabar, baek hati, wah pokoknya aku kagum banget deh…pada saat aku belum tau jenis kelamin, aku pikir kalo perempuan aku kasih tambahan nama Edwina…keren kan??

Gak taunya, pada saat kandunganku 4 bulan umurnya…aku perdarahan sehingga harus masuk rs 21 hari…selama aku di rawat, mama dan papa gak bisa jenguk karena mereka berangkat haji…jadi setiap hari mereka cuma telphone ke aku dan setiap mereka nelphone aku cuma bisa minta didoain biar anakku selamat (sebelum abang, aku udah keguguran 2 kali).

Pada saat mereka pulang haji, papa bilang ” Ny….udah papa doain setiap saat, apalagi sepanjang bukit shafa marwah” ya udah….pas abang lahir yang nyantol di kepalaku adalah ‘Shafa’ , belakangnya apa ya? telphone papa mertua minta nama ..dapet deh ‘Priantoraharjo’ (Prianto dari nama mas tok, raharjo karena kami harap anak kami ini hidupnya selalu baik, beruntung.) Terus terang , hampir aja namanya abang ada ‘bejo’nya hehehe…tapi kutolak…kikikik….

Tapi kok rasanya ada yang kurang ya…(kurang panjang…hehehe…) . Tambahin deh Alauddin, yang artinya kemuliaan agama..ehm…bukannya orang jawa wajib ada “o” nya ya? gak afdol kan kalo orang Jawa gak ada “o” nya…ya deh….jadi ‘AlauddinO” (maksa!!!).    

Ujung2nya oomku (adik mama) dan mamaku bilang ” Ya deh, bagus, Alauddino kan juga bisa berarti “ALhamdulillah DIa NOngol”. huahahaha….bener juga ….Alhasil nama si abang adalah : “Shafa Alauddino Priantoraharjo”…lengkap kan  Jawa kesenggol, Arab kesenggol…(hehehe…rupanya kepengaruh juga ama guru ngaji kecilku ya??? hahahaha….)

Nama Audri…lebih gampang nyarinya….karena memang sudah tekad bulat dari awal kehamilan, bahwa anak kedua , mo laki kek, perempuan kek, mesti ada Marwahnya…biar sepasang…seperti Bukit Shafa dan Bukit Marwah…tinggal nyari belakangnya, ya gak??

Karena udah ada abang, nyari namanya gak lagi ngerepotin ortu dan mertua…gampang, si abang dan mas tok baca buku2 nama, mereka pilih nama belakang untuk laki2 dan untuk perempuan , aku catet di kertas kosong….besoknya aku suruh lagi mereka milih jadi tinggal 5 nama laki2 dan 5 nama perempuan…yang paling mereka suka. (Abang juga keliatannya bahagia banget, karena boleh ikut nagsih nama buat adiknya)

Udah selesai…tulis di kertas kecil, gulung2, masukkin gelas, kocok, (kayak arisan hehehe…) keluar deh nama “yazid”( dari bhs arab yang artinya yang sangat kuat)  kalo laki2 dan nama “Audrina” ( bentuk lain dari audrey (inggris) yang  artinya kekuatan yang agung, mulia atau bisa juga bentuk lain dari audris (jerman) yang artinya kaya raya)  untuk perempuan…pas Audri lahir…jadi deh namanya “Marwah Audrina” .

Untuk nama Audri, ada yang lucu nih, karena aku dan mamaku gak sepakat soal nama panggilannya…aku keukeuh mo manggil Marwah…mama bilang ” Norak tau gak…gak kasian tuh ntar anak kamu dipanggilnya ‘mar! mar!’ ama temennya” hehehe..

Aku gak mau tau, toh buktinya Marwah Daud gak malu dipanggil ‘mar’ ama orang2 hehehe…Semua temen dan sodara yang tau kalo aku manggilnya ‘marwah’ pada protes..gak lama setelah pulang dari rs bersalin, audri mencret2 …terus… sehari pernah sampe 15 kali booo!      Akhirnya yang emang pada gak doyan anakku dipanggil ‘mar’ pada bilang gini…”udah, dipanggilnya audrina aja…lagian kasian , anak perempuan kok ‘nyandang’ bukit…kan berat!”

Aku sebenernya gak setuju nih ama masalah2 begini, tapi…kepengaruh juga akhirnya…ya deh panggilnya ‘audrina’ aja, tapi bukan dengan alasan supaya gak kampungan or norak lho ya!! (ternyata temen2 ato sodara yang dulu gak ngomong apa2,….keliatan lega dan senyum2 setuju waktu nama panggilannya kuubah…oooo berarti dulu diem2 gak setuju ya ??!! dasar norak…hehehe…)

Semoga, aku ama mas tok udah ngasih nama terbaik ya buat anak2…moga2 anak2ku jadi anak2 yang sholeh, bisa menjadi penuntun buat kami ortunya ke surga, bisa membawa keselamatan dunia akhirat untuk dirinya dan keluarga serta orang2 sekitarnya…amin….

 
13 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 21, 2008 in iseng2-rada ngaco, uneg-uneg

 

13 responses to “Asal nama anak2ku

  1. ashardi

    Oktober 21, 2008 at 6:13 pm

    weh… ntar dikasi nama apa ya?? mbak ini bikin binun aja😆

     
  2. rhainy

    Oktober 21, 2008 at 6:16 pm

    emang udah mulai produksi?? oiyy…resmiin dulu mas!!!
    hahaha….buku nama2 bayi ku masih ada ton! kalo ntar udah mulai di’buat’, udah boleh pinjem!! atau mau minta usulan “mbok de” di tangerang juga boleh…hehehehe

     
  3. achoey

    Oktober 21, 2008 at 6:58 pm

    Subhanallah

    Jika kelak aku punya anak
    Aku ingin menamai mereka
    Muhammad Hanif El Fata
    Agnianisa Salsabila Az-zahra

    wah…keren!!
    semoga cepat2 nikah ya kang…terus punya anak …biar nama yang udah kang achoey sediain bisa cepet kepake …amin…
    didoain deh kang!!!

     
  4. Ikkyu_san

    Oktober 22, 2008 at 12:56 am

    susah emang pilih nama ya jeng
    aku sih masa bodo, krn Riku dan Kai toh wn jepang. Jadi terserah bapaknya hehehe. Cuman nama baptisnya nanti saya yang pilih.
    Riku artinya daratan, dan Kai artinya dayung. Dua-duanya zodiak berhubungan dengan air, padahal mamanya takut banget sama air (laut) hehehe.
    semoga allaudino dan audri bisa menjadi anak yang saleh…

    EM

    amin mbak..makasih,,,mudah2an Riku dan Kai juga jadi anak yang selalu diberkahi Tuhan ya mbak!!!
    ooo….Riku dan Kai diambil dari nama zodiak tho mbak? dilihat dari hari kelahirannya kan mbak?

     
  5. jeunglala

    Oktober 22, 2008 at 8:34 am

    Eh, Mbak..
    Kok guru ngajinya lucu ya? (komentar ga penting.. hihi)

    Eh, Mbak..
    kalau aku, yang penting namanya nggak menjadi bahan olok-olokan temannya kelak.. karena kasihan kan nantinyaa… dan ya. Ntar kalau aku punya anak, aku nggak mau kasih nama depan A-E atau V-Z soalnya kalau disuruh kerjain soal di papan, ntar dipanggil duluan.. hihihi (komentar yang seharusnya penting.. haha)

     
  6. rhainy

    Oktober 22, 2008 at 10:05 am

    @ Lala
    iya juga…gak mikir ke situ kok ya…?? Untung Shafa dan Marwah namanya agak ujung, agak tengah (???)…kecuali kalo muridnya cuma 10 org La…tetep aja cepet dipanggilnya hehehe

     
  7. bayu200687

    Oktober 22, 2008 at 1:10 pm

    aku suka nama ini
    fina qurrotu a’yunina.
    tapi anakku ga aku kasih nama itu. secara itu nama anak tetanggaku je…:mrgreen:
    keknya Muhammad Abdurrohman bagus juga
    ato ‘Aisyah …(belakangnya masih belum ketemu)

    anak tetangga? ampun!!
    Rasanya semua nama, asal artinya baik….pasti bagus ya??
    Kalo udah ketemu belakangnya…kasih tau ya? ato di mix ama nama anak tetangga?…hehehe

     
  8. ariefdj™

    Oktober 26, 2008 at 6:51 pm

    Tadinya mau cerita juga soal asal-muasal, tapi nti kepanjangan.. Info aja deh, nama anak pertama q : (f-9) Kirana Alif Fatika,
    yang kedua : (m-3) Zidan Rafsanjani..
    Mengenai arti dan asal usulnya, moga2 dah tau ya.. Hehe..

    padahal panjang juga gpp mas!! hehehe…
    salam buat anak2 mas!!!

     
  9. monix

    Oktober 31, 2008 at 1:54 pm

    uniiiii….. monix jg dah punya nama anak monic meski hamil ajah blon…. ga pa2 namanya aja dl disiapin.
    kalo cewe mo dikasih nama myana blkng-nya ntar cr lagi, tp kalo cowo ampe skrg masih blm ada tuch…. (a.k.a ngarep cewe’)

     
  10. rhainy

    Oktober 31, 2008 at 3:31 pm

    @monix…
    hahaha….gpp…karena memang harus bagus…emang harus disiapin jauh2 hari lah ya!!! yang gak boleh ngarep cewek or cowoknya tuh….pasrah aja lagi! jadi…ayo cepet siapin nama anak cowok!!! *sambil tolak pinggang dan melotot*

     
  11. bicara1logika

    April 27, 2012 at 11:27 pm

    ass, jdi kepikirn jga ni sma nama anak saya mbk,
    nama anak saya MARWAH AZZAHRA, mana pangglnnya skrang marwah
    kyak kta temen mbk kasian anak perempuan mikulin gunung., hehehe
    tpi saya sepakat sma mbk kita harus positif thinking,

     
  12. edw

    April 8, 2013 at 4:39 pm

    hai mba, ga sengaja kesandung blog ini.. btw nama saya juga diambill dr nama dr edwin abbas..dulu dia di RS islam kan..

     
    • rhainy

      April 8, 2013 at 7:19 pm

      Alhamdulillah nyasarr… Hehehehe..jadi tambah temen lagi. Iya, alm dulu di RS Islam pernah juga. Semoga beliau dapet tempat indah di surgaNya..aamiin

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: