RSS

GURU DAN DOSEN PUJAAN HATI…………

25 Okt

Di setiap tahapan sekolah, aku selalu punya guru2 pujaan hati,  😆  , guru2 dan dosen2 pujaan hati inilah, yang selalu buat aku seneng ke sekolah, buat semangat bangun pagi hehehe…..

 

SD….aku punya ibu Denti, beliau ngajar semua mata pelajaran sekaligus wali kelas…(aku lupa , kelas berapa ya? Kayaknya kelas 2 deh….). Gak kayak sekarang, SD kelas 1 aja , gurunya selalu ganti2 sesuai mata pelajaran, zamanku itu (aku gak bilang ‘jadul’, supaya gak gitu kerasa kalo umur udah ‘banyak’..) wali kelaslah yang ngajar semuanya (kecuali agama), sehingga aku gak perlu adaptasi dengan banyak guru dalam satu hari….

 

Ibu Denti, aku cinta beliau karena beliau guru yang sabar, selalu tau cara menarik perhatian anak2,  kalo ngajar beliau selalu tegas, sehingga anak2 sayang ama beliau tapi tetep sopan gak berani ribut2 amat….kalo inget bu Denti…aku jadi pengen nyanyi ‘pahlawan tanda tanda jasa’ (judulnya bener kan? Kikikikk). Beliau sempet pindah mengajar ke Jakarta (aku di Lampung…), kayaknya ikut suaminya tugas deh, pada saat beliau buat perpisahan untuk murid2nya, aku nangis bombay!! Hehehe…untung beliau cuma pindah 1 atau 2 tahun, terus balik ngajar ke SD ku lagi….ke kelasku lagi….dan beliau masih hafal dengan nama murid2nya satu persatu…(kurasa beliau juga sedih banget berpisah ama aku deh….hehehe..pdoverdosis.com).Apa kabarnya bu???

 

 

SMP….aku suka banget pelajaran Bahasa Inggris…maklum ini pelajaran baru yang gak didapet di SD (tapi aku udah mulai les bahasa inggris dari SD , sehingga aku ngerasa aku udah sedikit lebih bisa..jadi semangat dan gak gitu takut…hehehe).Kesukaanku ama pelajaran ini, jadi tambah karena ada Ibu Asmani…beliau guru bahasa inggris yang menurutku galak, tegas, tapi baik hati…(rasanya aku emang klop ama guru2 yang agak galak deh…karena kelasnya jadi tertib…maklum daya tangkap gak gitu bagus, kalo kelasnya ribut, konsentrasi buyar!). Tapi sebenernya pelajaran ini aku suka bukan cuma karena gurunya, aku juga suka ama bukunya…kertasnya bagus, licin, putih bersih, tebal…namanya apa ya? “student book” kalo gak salah!

 

SMA…..penilaianku untuk guru, udah mulai bergeser nih, sabar tetap jadi alasan suka yang pertama…tapi di SMA, selain sabar aku juga suka guru karena gantengnya…hehehe….Aku suka banget ama Pak Herry, guru olahraga..(udah mulai ketauan nih…mata pelajaran yang lain terasa susah dan menyebalkan…enakan olahraga…belajarnya sambil maen2, diluar kelas, dekat kantin; bisa belajar sambil ngintip kakak2 kelas yang ganteng2..syukur2 ada yang suka ama aku…tapi sampe lulus gak ada tuh yang  suka! Eh…ada deng satu orang, tapi aku gak anggep masuk itungan, abis gak ganteng dan aku gak suka..hehehehehe…..)

 

Pak Herry, orangnya (lagi2) agak galak, tapi suka bercanda juga..aku inget ‘candaan narsisnya” beliau : “saya dulu lebih ganteng dari sekarang lho…cewek2 suka kalo dibonceng motor, karena dada saya yang bidang jadi kayak sayap!)” cieee…..kami murid2nya pasti ketawa geli kalo beliau udah mulai narsis kayak gitu…tapi…emang sih…Pak Herry itu menurutku ganteng dan badannya bagus banget…tinggi, tegap, berdada bidang….hehehe…..Kadang2 walaupun gak lagi mata pelajaran olah raga, aku suka duduk2 dipinggir lapangan basket (persis sebelah kantin) supaya bisa ngobrol…soal apa aja…(kebetulan Pak Herry dulu ngajar tanteku…jadi selalu ada bahan ngobrol…).

 

Dan Pak Herry lah guruku satu2nya yang bisa dimintain tolong untuk ngomong ke papa dan mama, pada saat peresmian pengurus OSIS dilakukan di daerah Gisting (kaki gunung Tanggamus). Karena harus nginep semalam alias camping, mama gak ngeluarin ‘exit permit’, gila deh masak seumur hidup gak pernah camping sih!! Akhirnya setelah Pak Herry ngomong, plus aku nangis Bombay mulai dari hari Rabu sampe Jumat (campingnya sabtu minggu), plus mogok ngomong (untung aja gak mogok makan cuma ‘mulut manyun’ behari2)..aku boleh juga ikut camping….dan ini jadi campingku yang pertama (kelas 1 SMA boooo!!!) juga camping yang terakhir….sampe sekarang….belum pernah lagi tuh ngerasain tidur di tenda….(ngomong2…pada saat camping itu, aku semalaman gak tidur…gak bisa tidur….saking bahagia…norak ya!!!) Makasih Pak!!!

 

Kuliah…..Aku suka banget ama dosen yang namanya Bp. Saptadjaya…insinyur tamatan Teknik Industri ITB ini…salah satu dosen muda di jurusanku…Beliau ngajar “Motion and Time Study”. Jam kuliah beliau selalu jam 7 pagi, buat mahasiswa2 yang males bangun pagi kayak anak SD…mata kuliah ini pasti diambil dengan memilih dosen yang lain….hehehe….

 

Aa’ Sapta (panggilan mesraku buat dia…didalam hati…hehehe…jijay gak sih!!!) tidak ganteng dan bertubuh atletis kayak Pak Herry, tapi menurutku dia sangat menarik karena sangat pandai…(jamannya kuliah, aku gak bisa gak suka ama cowok pandai…biar jelek , kalo pandai…pasti deh…deg2an…hihihi…). Dari awal semester, pertemuan pertama , beliau udah minta dipilihkan komti (ketua kelas) yang tugasnya ngecek kesiapan kelas (nyiapin OHP) dan nutup pintu (hehehe..). Beliau tanya, kami mahasiswa minta toleransi berapa lama, misalnya 15 menit, berarti pintu ruang kuliah sudah harus ditutup jam 7 . 15 teng!!!! Saking perfectnya, beliau nyamain jam kelas, jam tangannya ama jam tangan mahasiswa….harus klop!! Tidak ada lagi mahasiswa yang boleh masuk, dengan alasan apapun, kalo udah lewat dari jam yang telah disepakati dari awal perkuliahan tsb.

 

Diawal pertemuannya itu juga selain masalah waktu, beliau juga buat kesepakatan penilaian. Beliau tentukan bahwa penilaian akhir berdasarkan : absensi, keberanian mahasiswa untuk presentasi, keaktifan mahasiswa untuk tanya jawab,  nilai midtest dan UAS…persentase ditentukan bersama pada saat kuliah pertama itu…misalnya (aku lupa persisnya) absensi 10%, berani maju presentasi 15% –  nilai udah  80 ditangan,  nilai 70 untuk yang berani tanya – jawab (persentase 15%), tugas2 (15%) terus dirata2 dengan nilai mid (15%) dan UAS (30%)…Jadi setiap mahasiswa bisa ngukur sendiri, mau nilai A,B, C apa D ato E…hehehe…tergantung kemauan!!

 

Jangan harap disetiap perkuliahan , sang dosen akan berdiri didepan kelas untuk ngajar…yang berdiri didepan kelas adalah mahasiswa2 yang emang udah siap ‘ngajar’ temen2nya…setiap akhir perkuliahan beliau akan ngasih tau bahan kuliah minggu depannya, setiap mahasiswa wajib baca dan  yang berani bisa  maju untuk ngajar dan presentasi di depan kelas, setelah itu masuk sesi tanya jawab…beliau menjadi moderator, ngebenerin kalo ada mahasiswa yang salah ngerti, trus pada akhir pelajaran..baru deh beliau nerangin sambil ngelurusin…Jadi jangan heran juga kalo setiap mahasiswa/i yang ikut pelajaran beliau , ditasnya pasti selalu ada ‘transparant sheet’ ama spidol warna-warni, plus alat2 peraga (yang bisa bantu agar bisa “ngajar temen2nya sendiri” dengan lebih jelas). Dan terus terang, mata kuliah yang selalu aku coba terapin dan terus nyantol di otak sampe sekarang adalah mata kuliah ini (malah satu  – dua teorinya udah mulai aku ajarin ke si abang hehehe…)

 

Jadi yang ikut mata kuliah ‘Motion and Time Study” dengan dosen Pak Sapta, udah pasti mahasiswa2 rajin…rajin bangun pagi, rajin baca dan nyari bahan2 untuk ‘ngajar’ , rajin tanya jawab….ooo…ada satu lagi, kami jadi rajin baca majalah “industrial engineering”, yang saat itu gak ada yang jual, harus langganan/import…kebetulan pak Sapta langganan, sehingga setiap edisi terbaru terbit,  beliau dengan senang hati akan minjemin ke kami mahasiwa2nya….beliau berharap, kami bener2 suka ama semua hal yang berhubungan dengan jurusan kami , tau perkembangannya ….gak cuma kuliah gitu aja…(beliau juga ngajar “Pengantar Teknik Industri”…sehingga buat mahasiswa yang masuk ke jurusan ini karena gak sengaja…atao sengaja tapi masih gak ngerti tujuannya ke mana…beliau jadi ‘pembuka mata’ hehehe…). Waktu beliau married..aku termasuk dalam ‘barisan sakit hati…paling depan’

 

Masih banyak sih guru2 dan dosen2 yang aku suka…tapi kalo ditulis semua…wuah…gak cukup 2 hari kali…hehehe…

 

Eh…nambah dikit ah…aku juga suka ama dosen, Ketua Jurusanku, Bp. Hamzah …dosen tamatan ITB dan Jerman ini…baik hati lho…kalo aku n the geng males jauh2 keluar kampus, tapi masih ada kuliah lagi dan masih agak lama …ketuk aja pintu ruangan beliau…boleh minjem buku (yang udah pasti buku2 bagus!!) dan kalo mo pinjem majalah Femina juga boleh…(beliau langganan majalah Femina untuk istrinya…dianternya ke kampus..)…Hehehe…jadi inget si Oppie…inget gak ‘Pie, kita suka nongkrong di ruang Kajur…hehehe….lumayan kan daripada ngadem di perpus….

 

Jadi kangen ama masa2 kuliah………….

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 25, 2008 in nostalgia, satatan harian

 

12 responses to “GURU DAN DOSEN PUJAAN HATI…………

  1. enggink

    Oktober 25, 2008 at 6:00 pm

    klo saya sih kebalikannya, saya sih murid pujaan hati para guru da mahasiswa pujaan hati para dosen,,,:mrgreen: sepertinya sih

    idiiiih….hehehe……
    sebenernya sama sih…cuma supaya gak dibilang narsis , ama supaya keliatan sedikit imbang ama guru2 dan dosen2…supaya mereka gak sedih …makanya postingan ini dibuat…(weeeew!!!)
    hahaha….makasih ya udah mampir!!!

     
  2. ummurifqi

    Oktober 26, 2008 at 7:54 am

    Wah…seru juga yah…
    lengkap…

     
  3. ariefdj™

    Oktober 26, 2008 at 7:01 pm

    Wah asik ya.. Jadi inget sma, inget guru yg sangat ‘perhatian’ dgn q..stiap masuk, si ibu guru itu langsung panggil nama q, dan disuruh ‘nunggu’ di luar kelas selama dia mengajar.. Haha, betapa cptnya wkt berlalu.. Btw, bu, disini gak ada buku tamunya ya ?

     
  4. jeunglala

    Oktober 27, 2008 at 9:12 am

    Hihihi…

    Sekarang makin kreatif deh tulisannya, Mbak Rhainy.. Gini dong.. asyik, asyik..🙂

    Eniwei,
    aku nggak punya guru favorit jaman sekolah.
    Tapi aku jadi murid favorit!
    Hahaha…

    (sumpah, boong!)

     
  5. Ikkyu_san

    Oktober 27, 2008 at 6:19 pm

    hmmm guru favorit ya,
    aku jg ada tuh terutama di SMP guru sejarah shg membuat aku suka sejarah. Trus di kuliah dosen yang tercakep tentu saja, biar semangat belajar… dan lagi-lagi dia adalah dosen sejarah Jepang hihihi. Jadilah saya sejarahwan deh hehehe

     
  6. rhainy

    Oktober 27, 2008 at 6:21 pm

    @ummurifqi
    ya um…sebenernya belum lengkap um…cuma kalo lebih lengkap lagi…kepanjangan hehehe

    @ariefdj
    hahaha…’nunggu’ di luar? sadis banget…
    buku tamu? ntar dibuat deh…(tapi…aku blajar lagi dulu ya…abis agak2 gatek nih!!)

    @jeunglala
    makasih La…berkat dirimu nih!!
    Lala mo buat minder lagi ya…b’hubung aku dulu bukan murid fav…hihihi…gak dng La…sebenernya aku juga dulu jadi murid fav lho…fav nya ibu kantin…!!! secara aku kan makannya banyak….

    @ikkyu_san
    mbak imel …sama deh…aku juga suka yang ganteng2…hehehe….

     
  7. goenoeng

    Oktober 27, 2008 at 9:28 pm

    waah, kalo saya malah yang diidolakan je, baik guru maupun kawan, hehe..
    cuma satu guru yang enggak, guru bahasa endonesa…seringnya saya disuruh belajar di luar kelas, haha…
    maaf tulisan di atas bohong belaka (kecuali belajar di luar kelas….) 😀

     
  8. nh18

    Oktober 28, 2008 at 9:32 am

    Hah … kelian-kelian inih …
    nakal sekali deh weiceh …

    Tapi yang jelas bagi kami para lelaki …
    biasanya di SMA yang jadi guru favorit adalah …
    guru bahasa jerman, bahasa perancis atau bahasa inggris … (entah mengapa …) (betul tak …)

     
  9. Dalila Sadida

    Oktober 28, 2008 at 9:53 am

    hehe… me too… i like english

     
  10. IndahJuli

    Oktober 28, 2008 at 4:44 pm

    huhuhu, ngak punya guru dan dosen idola.

     
  11. mascayo

    Oktober 29, 2008 at 11:57 pm

    kayaknya emang lebih indah waktu SD yah ? sampe sekarang saya juga masih inget aja sama wali kelas waktu SD, Bu Sopiah namanya …

     
  12. rhainy

    Oktober 30, 2008 at 7:15 pm

    @goenoeng
    wah…asyiknya yang diidolakan guru…yang mengidolakan saya cuma ibu kantin mas!!

    @nh18
    guru bahasa biasanya cewek…mungkin itu yg buat murid cowok suka ya om??

    @dalila sadida
    sama…hehehe…ini pelajaran yang gak gitu ruwet ya…hehehe

    @indah juli
    lho mbak..gak ada satu pun?

    @mascayo
    SD indah…SMP indah…SMA mulai terasa gak indah…maklum semua temen cewek pada banyak yang suka…saya nungguin sampe lulus gak ada yang ngirimin surat cinta mas….hehehehe…

     

Tinggalkan Balasan

 
