RSS

Dongeng Sebelum Tidur

06 Nov

Abang sama Audri, susah banget disuruh tidur malem…kadang2 sampe jam 21.30 masih pada lincah banget…walaupun aku tau sebenernya mereka juga udah mulai ngantuk…tapi  pada ngerasa sayang kali ya kalo tidur cepet2…padahal jam segitu, kadang 2 emaknya udah bener2 setengah sadar….

 

Kayak waktu liburan di Lampung kemaren….aku udah ngantuuuk banget…pada masih gak mau tidur…pada minta diceritain…ya udah…diturutin…tapi semua koleksi cerita mulai dari cerita nabi sampe cerita si kancil..pada ditolak…”cerita yang laen aja ma!!” Duh biyung….cerita apalagi…itu aja udah ngarang2….ngalah2in bikin postingan susahnya!

 

 

Akhirnya ngarang gini:

 

“Nih Bang, ‘Dek…duluu waktu mama kecil ada cerita tentang tukang bakso…(suaranya dibuat agak serem…serius…anak2 jadi konsen…hehehe…)…

Tukang bakso itu suka banget jualan bakso di hutan…hutannya pohonnya gede2…jadi gelap karena ketutup pohon2 itu…berkabut….dia jalan sambil teriak “bakso…bakso….” (Abang yang emang lebih penakut, udah mulai nempel badannya ke badanku…enak…jadi anget kan? Hehehe…lumayan..gak usah selimutan…)

 

Terus, dateng deh, pak Harimau…bilang gini : “Sini bang, beli semangkok ya!!! Jangan pedes-pedes ya bang…” (suaraku digedein….harimau kok makan bakso…hihihihi…).

 

Sesudah harimaunya kenyang, abang tukang baksonya nanya : “Pak harimau…kalo saya mau keluar dari hutan ini gimana ya?? Soalnya gelap!”

 

Harimaunya jawab : “Abang jalan lurus aja, perempatan pertama belok ke kanan, perempatan kedua ada pohon yang sangat besar, belok ke kiri…”

 

Terus abang tukang baksonya bilang terima kasih dan mulai berjalan…sampe perempatan pertama, dia belok kanan, perempatan kedua, ada pohon besar, dia mikir…belok kanan apa kiri ya?

 

Abang buru2 jawab : “Kiri ma!” (aku ketawa dalam hati…yah…masih konsen..berarti belum ngantuk donk!)

 

Aku bilang : “ehm…betul…tukang baksonya pinterrrr!” (abang gak sadar nih, aku udah mulai geli…..)

 

Tukang baksonya jalan terus eh ketemu satu perkampungan yang isinya nenek2 semua…(suaraku mulai diseremin lagi!!),,,nenek2nya ompooong semua!!

 

Sekali ini audri yang takut & nanya : “nenek sihir ya ma??”

 

“Bukan dek…nenek2 biasa tapi giginya ompong semua…gak ada gigi sama sekali”

 

Nenek2nya bilang gini: “hai tukang bakso…kamu gak akan bisa keluar dari kampung ini! Kamu harus menginap 2 hari!!”

 

Abang tanya : “kata mama, bukan nenek sihir…kok jahat!! Masak tukang baksonya disuruh nginep gak boleh pulang!”

 

Aku bilang : “Bukannya jahat Bang, Abang bayangin aja…sekampung nenek2 semua, gak punya gigi, mau makan bakso…coba gimana ngunyahnya …kan gak bisa…baksonya mesti diemut…kalo sekampung ada 50 nenek2…semuanya pesen bakso semangkok…mesti diemut berapa lama hayo!!”

 

Aku ketawa sampe nangis…hehehe….sambil takjub..kok bisa ya..ngarang cerita bego kayak gini…yang ada ngantukku hilang…geli ngeliat anak2 serius banget….hahaha….

 

Setelah aku stop ketawa , aku lanjutin ceritanya, bahwa si tukang bakso lewat lagi perkampungan laen yang isinya kakek2….matanya ungu semua…audri ketakutan terus bilang “Udah mama, adek mau bobok aja!! “

 

Abang yang emang lebih sering takut, ketularan takut adeknya…bilang gini : “Udah ma …ya deh…gak usah cerita …baca surat2 pendek aja…(Alfatihah, AlFalaq, Al-Ikhlaash, An-Naas, An-Nashr, Al-Kautsar, Ayat Kursi, Doa mau tidur, Doa orang Tua, …emang selalu dibaca anak2 sebelum tidur, sambil menghafal…biar gak lupa…)”

 

Alhamdulillah, surat2 pendek belum selesai dibaca…udah pada tidur…hehehe…gantian aku yang gak bisa tidur karena masih pengen ketawa…hwahahahahaha….emaknya ngantuk banget kok anaknya gak mau tidur2…gitu akibatnya…hihihihi…….

 

(Sebenernya ceritanya ada yang kupotong nih, takut kepanjangan postingannya hehehe…sebenernya sebelum  kampung nenek2, ada ibu beruang dulu (siapa suruh jualan di hutan…yg ngajak ngobrol ya harimau ama beruang!!! Kekekekekek…), abis kampung nenek2, ada kampung yang isinya anak2 kecil semua…baru kampung kakek2 mata ungu itu, masing2 kampung suaraku beda2…biar tambah seru…hehehe….sekali2 jadi emak iseng…enak juga!! Hahahaha…jangan ada yang niru ya…cerita di postingan ini mo dibikin hak paten nya nih!!)

 

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada November 6, 2008 in Belajar 'NGARANG, iseng2-rada ngaco, Tentang anak-anak

 

14 responses to “Dongeng Sebelum Tidur

  1. jeunglala

    November 6, 2008 at 10:36 am

    Wakakakakak!

    Bener-bener, deh…
    Memang sebaiknya segera diurus hak patennya!
    Soalnya bener-bener original…
    DAN NGAWUR!
    Hahaha..

    *mbayangin betapa betenya musti nungguin nenek-nenek ga ada gigi lagi ngemut bakso.. KAPAN HABISNYA????*🙂

     
  2. nh18

    November 6, 2008 at 12:59 pm

    Huahahaha …
    Mami jail bin iseng …
    But creative juga sih …

    Yang Top Of Mind dibenakku tentang cerita ini adalah … “nenek-nenek ngemut bakso …”

    Bakso kok di emut … Permeeeeennn kaleee …

     
  3. ven

    November 6, 2008 at 1:16 pm

    hihihihi udah ngalahin kak seto dweh mbaaa….

    ayo bukukan…kalo perlu rekaman aja langsung …hihhi emangnya mo bikin album…tpkan emang kalo ndongeng bagusnya msk dapur rekaman kan…jd jelas gmn ekspresi pendongeng dan yg didongengin…ya gaaa

     
  4. IndahJuli

    November 7, 2008 at 9:20 am

    kalau Kayla masih bisa dibohongin, bacanya diloncat-loncat, kalau saya udah ngantuk.
    Lily ? saya suruh baca sendiri😀

     
  5. mataharicinta

    November 7, 2008 at 10:24 am

    sumpah deh, boleh juga nih dipraktekin ke adek bayi dirumah.
    susah banget dia disuruh tidur mbak.
    tapi pasti belum ngerti kali ya, secara masih 1 tahun.

     
  6. rhainy

    November 7, 2008 at 12:25 pm

    @jeunglala
    hehehe…emangnya dikau doang La..yg ngerasa ngawur….hehehe…wong aku yg cerita aja sampe kentut2 nahan ketawa….hehehehe

    @nh18
    bakso dijadiin permen….eng ing eng…ide bagus!!!
    huahahaha…om….sekali2 jadi emak iseng…asyik juga lho…lagian orang udah ngantuk…malah disuruh dongeng…hihihi..

    @mbak ven
    udah bilang kemaren ama kak Seto….tapi trs dimarahin…gak mendidik katanya!!! hehehehehe…..

    @Indah Juli
    Anak2ku tuhbmbak…pada males baca…padahal ibu ama bapaknya hobi banget…belum kali ya mbak….? Maunya dibacain mulu…ngulang2 lagi…ya udah …ngarang deh!!

    @ika
    udah dibilang, jangan diikutin nih…gak baek…hehehe…
    apa kabar neng!

     
  7. Ummurifqi

    November 7, 2008 at 12:53 pm

    Ha ha ha…
    canggih juga idenya…
    buat masukan ok tuh…

     
  8. emma

    November 7, 2008 at 1:52 pm

    zzzzz..zzzzz..(ikut tiduurr ahh..abis dikibulin..eh didongeng-in..)

     
  9. mascayo

    November 7, 2008 at 9:19 pm

    Hahaha … bener-bener keren …
    mampir ke rumah bu, sekalian zia di dongengin, supaya ndak minta susu melulu … biar langsing dikit … hehhehe

     
  10. bumblebee1st

    November 9, 2008 at 3:57 am

    hihihi, ini suara si bakso kegelian, diemut nini-nini…:p

     
  11. Asih

    November 9, 2008 at 9:01 am

    wah mbak…kok nggak diterusin sih ceritanya,padahal aku dah serius n cekikikan juga nih.. gampang aja ya,aku tggal maen ke rmh nyuruh mbak Neni praktekin gmn klo nini2 tuh ngemut bakso hahahaha, mau deh klo Vincent dah ngerti aku bakal ksh dongengnya mbak Neni hehehe
    Asih

     
  12. rhainy

    November 11, 2008 at 9:10 pm

    @ummurifqi
    Um..jangan lupa ya..mo dibuat hak paten tuh….hehehe….

    @mbak emma
    lhoh…kok tidur….gak takut diemut nenek2..??

    @mascayo
    boleh…zia…sini nak, tante ceritain…..(mascayo tau kan kalo bayaran pendongengnya mahal banget? hehehe….)
    salam buat zia mas!!!

    @bumblebee1st
    huahahaha….mbak ih…dibayangin lagii…..

    @mbak asih
    ya wis…tunggu di depan rumah ya…dilanjutin nih ceritanya…siapin teh, kue2 kecil ato gorengan ama buku2 yang bisa dipinjem….seeeep….meluncur!!!!

     
  13. Ikkyu_san

    November 15, 2008 at 2:49 am

    huaaaaaa original banget yang nenek ompong. Emang butuh dua hari kali ya untuk makan bakso. Kalo makan rendang atau gulai tunjang/kikil berapa lama ya? (dibahas.com)

    EM

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: