RSS

JANJI

14 Nov

Aku punya sahabat yang sebenarnya belum lama kukenal, sebut saja mbak X namanya. Kami kenal karena rumahnya dekat rumahku, dia baru pindah dan kebetulan anaknya satu sekolah dengan Shafa. Terus jadi akrab, karena ternyata dia orang Malang , sama kayak mas Tok;  maklum, kalo dulu saat belum nikah, kalo ketemu orang dari Lampung atau paling gak nomor plat polisi kendaraannya BE, pasti deh serasa kenal atau sodaraan (hehehehehehe….), setelah nikah jadi tambah parah, kalo ketemu orang Malang juga kerasa sodaraan gitu karena mas Tok dari Malang…hahahahahaha….jijay gak sih??? Nah, jadi selain sekarang rumahnya agak dekat, mbak X orang Malang,  terus ternyata (ini yang paling penting) kalo ngobrol bisa nyambung…jadi deh…bolak balik ngobrol melulu..apalagi sekarang mbak X ikutan buka fb, nge blog …hmmm tambah banyak lagi kesamaannya…

Mbak X ini kemarin main ke rumah lalu cerita bahwa dia ketemu sahabatnya SD dulu, di facebook (biasaaaa), dan rupanya sahabatnya ini memang nyari2 mbak X dari dulu, sampe akhirnya , dengan bantuan suaminya ketemu deh sama mbak X di fb. Mbak X bilang sahabatnya ini, setelah ngobrol ngalor ngidul (chat), lalu minta nomor rekeningnya mbak X, karena dia mau transfer uang sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah), jadi mbak X bingung dan tanya buat apa temannya itu mau transfer uang segitu ke dia…jawaban temannya gini : “Aku udah janji pada diriku sendiri, duluuuuu, kalo aku mau kasih kamu uang sepuluh ribu (dan dulunya itu, jaman mereka SD, berarti sepuluh ribu ya memang besar nilainya), karena dulu kamu sering minjemin aku buku cerita Lima Sekawan, dan ada yang belum aku kembalikan, jadi sepuluh ribunya itu untuk ganti buku2 yang tidak sempat aku kembalikan; dan karena kamu pindah dan gak ketemu sampai saat ini, aku jadi kepikiran dan terus nyari2 kamu…sekarang kita sudah ketemu, aku mau melunasi janjiku”

Masya Allah…..hebat tuh orang!!! janji saat SD, cuma karena pinjam buku lupa dikembalikan, sekarang berpuluh tahun kemudian masih terus berupaya melunasi janji, yang sebenarnya yg dijanjiin pun (mbak X nya…) gak tau soal janji itu. Mbak X lalu bilang : “yo wis, kalo gitu, sekarang kamu gak usah transfer ke aku, sudah aku anggap buku2ku itu kembali, jadi hutangmu lunas!!!”

Pada saat mbak X cerita, selain terharu dan kagum, aku jadi takut, betapa sering janji  terlontar, janji kecil yg mungkin tidak kuniatkan dari dalam hati, hanya basa basi, tapi….janji tetap janji kan, keitung hutang…gimana kalo terus keburu mati dan belum sempat terlunasi ya??? ckckckckckck….semoga gak ya…amin!

Janji2 kecil kayak : “ntar sore aku ke rumahmu ya…”, “kapan2 kita ketemuan ya…”, “tenaaang…ntar malem aku telpon deh, terus kita ngobrol ya!!” , terus gak ditepati karena ketiduran, atau ada kegiatan lain yang rasanya lebih penting….lewat gitu aja tanpa minta maaf…

Atau kayak kemarin aku ngundang beberapa orang ke rumah untuk lihat demo kerudung, terus ada beberapa teman yang dengan seru bilang : ” wah, asyik tuh, ntar aku pasti dateng deh…pasti! ” , ternyata pada saat hari H nya…gak dateng….heheehehehehe…Atau ada juga teman yang bilang gini : “mbak, ntar siang, gak pergi2 kan? Aku mau ke rumahmu ya…” udah ditunggu2, gak berani pergi2, eh……malah gak nongol sampai sore…..

Ehm……jadi kayaknya emang mesti jaga mulut hati2 ya…takut bikin janji2 yang asal aja dan gak ditepati…kan janji adalah hutang yang mesti dibayarkan….

Ayoooo….siapa yang suka bikin janji tapi belum ditepati???? Cepetan bikin list nya, terus tepati…atau paling gak, minta maaf deh karena gak bisa nepatin janji…..

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada November 14, 2009 in emak parno, obrolan ibu2

 

8 responses to “JANJI

  1. Ly

    November 16, 2009 at 4:28 pm

    bikin list…hmm, boleh dicoba tuh Mbak, termasuk janji sama anak sendiri..
    hayoo…
    “iya, kapan-kapan kita ke kebun binatang lagi ya…”
    “iya, nanti kita bla bla..”

     
  2. rhainy

    November 18, 2009 at 4:31 pm

    @Ly….betul, termasuk janji pada anak sendiri…itu yg paling penting, karena anak2 kan “peniru ulung”dan kita , orangtuanya adalah “teladannya, contohnya”, kalo kita suka gak nepatin janji..walaupun bukan sengaja boongin anak2…ehm…jangan2 ntar anak2 kita jadi orang yg suka tidak menepati janji…naudzubillahimindzalik…semoga gak ya…
    Yoookkkk…..mulai bikin list…inget2…hehehehehehe….
    Makasih udah mampir ya…jangan kapok ya..abis blognya banyakan dinganggurin nih…

     
  3. nh18

    November 19, 2009 at 11:07 am

    HHHmmm …
    Ini kelihatannya hanya postingan sederhana …
    Namun … bagi saya …
    Ini sangat syarat makna …
    Sebuah Janji … Dan janji itu harus ditepati …

    Cerita mengenai janji 10.000 ini sangat menyentuh Bu …

    Salam saya
    (akhirnya Rhainy menulis lagi …)
    (tepatnya menulis di Blognya lagi …)
    (soalnya kadang menulis “ditempat lain” kan ??? )(hehehe ngaku ajaaa …)

     
  4. nh18

    November 19, 2009 at 3:04 pm

    En satu lagi …
    meskipun telat sehari … gpp ya …
    Selamat Ulang Tahun …
    Semoga sehat-sehat dan bahagia selalu …

    Salam saya

     
  5. rhainy

    November 21, 2009 at 11:19 am

    @nh18….om…makasih banyak ya…
    Pertama untuk komennym.(Berarti masih ada yg mampir..hehhehehe…sedih rasanya nulis gak ada yg komen..:ahahahaha…niat belajar nulis udah kecampur sama niat nyari temen om…maklum…)
    Kedua..untuk ucapan dan doanya..semoga terkabul dan semoga om dan keluarga juga selalu sehat dan bahagia..amin!

    Iya om, ny juga terkagum2 nih sama temennya mbak X itu…jadi inget janji mau nulis yang rajin, tapi blom ditepatin…hehehehehe…
    Ngaku deh..ngaku..tapi itu juga baru 2 kali, kepentok sama malesnya nih om..;)

     
  6. Em

    Januari 16, 2010 at 9:53 am

    Okey Buuuu… **dengan catatan ‘ga janjiiiii… xixiiiy…

    btw..Limasekawan..? masih nyompen ga mbak..? aq mau baca lagi duunk’s..
    ih .. kangen yaaa… pada masa kecill🙂

     
  7. oneng

    Februari 1, 2010 at 5:21 pm

    nen…critain dong tentang kita…salut dech lu dah kya cerpenis…

     
  8. rhainy

    Februari 2, 2010 at 5:13 pm

    @em…..gak ada lagi mbak…sekarang yg banyak novel2 roman…hihihihih…biar kerasa muda lagi getoh…
    ganti nama lagi??? hmmmmm….
    apa kabar mbak???

    @oneng….ceritain tentang kita?? emmm…gak ah…malu!!! hahahahahahaha…(oke bu…kapan2 gw tulis..)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: