RSS

Arsip Kategori: Belajar ‘NGARANG

Lupa ngasih judul

Setelah gak nulis lamaaa..rasanya ngiri banget liat temen2 yang blognya terus diisi postingan2 baru..kok aku mampet ya? Hehehe..

Tapi, walau lama gak nulis, aku tetep rajin baca2 kok..rajin blogwalking (walau gak ninggalin komen šŸ™‚ ), ada sesekali bikin tulisan, tapi cuma disimpen doang karena cuma jadi separo..

Sampai akhirnya, beberapa minggu yang lalu, ketemu di facebook sama adik ipar kakak iparku..(Whoaaahhaha..bingung?? Sama!!) , pokoknya “sodara-an” deh. .hihihi..ternyata Ati (namanya..) Suka nulis, terus dari Ati juga aku dapat info ada lomba menulis dengan tema : Kehamilan yang Menakjubkan..

Ehm..jadi pingin nyoba, syaratnya gak susah, cuma awalnya sempet ngeri juga, wong disuruh nulis, spasi 1,5..maksimal 3 halaman..emang bisa?? Jangan2 cuma dapet 1/2 halaman..

Pas dicoba2, weh..malah bingung sendiri kok jadi 4 halaman, mana yang harus dibuang ya? Belum lagi setelah dibaca2 kok rasanya tulisanku, gak mutu banget ya?

Tapi, nekad!! Date line tgl 31 Maret jam 24.00, aku ngirimnya jam 21 – 22 malem..nunggu laptop mas Tok..hehehe…maklum, makanya juga jarang nulis, abis harus minjem2 laptop sih..(Ngeles!)

Setelah dikirim, aku kirim juga copy nya ke Ati, dengan harapan Ati bisa ngasih saran dan komentar , karena Ati kan sudah sering ikut lomba2 serupa..

Ati bilang, tulisannya seru, ada kurang2 dikit sih : soal teknis, tapi masalah teknis bisa dikurangi dengan cara baca2 buku ‘teknik menulis’ ..gitu deh kurang lebih komennya Ati.. (Lumayaaan..)

Terus komen berikutnya dari Ati, adalah : “mbak ‘Ny, kok gak ada judulnya? Kehamilan yang menakjubkan yang mbak tulis besar2 diatas tulisannya mbak itu kan temanya..”

Haduh!! Harus dikasih judul ya?? Wakakakakak..dasar penulis setengah mateng! Gimana ini? Hahahaha..adoooh..

Ikut lomba nulis, tapi lupa ngasih judul?? Hihihi..gawat! Malu2in aja ih..

Jadi, besok2..Kalo mau ikutan lomba nulis, sebelum nulis panjang2, tulis judulnya dulu ya ‘bu…hahaha..malunyaa.

Ngomong-ngomong, gak boleh nyusul ya judulnya šŸ™‚

Ckckckckckck….

Iklan
 
4 Komentar

Ditulis oleh pada April 3, 2011 in Belajar 'NGARANG, satatan harian

 

Anda Luar Biasa

Jumat, 1 April, Abang bagi raport, karena Audri gak mau ditinggalin di sekolah sendirian, akhirnya Audri diliburin, aku nunggu Abang bagi raport..hehehe

Biasa deh, karena di rumah dari pagi, rumah udah selesai beres2, langsung kepikiran enaknya ngapain..agak siangan aku telepon mas Edy – tetangga, tempat minjem buku, tempat belajar nulis, tempat tanya2 – hehehe
Tadinya sih cuma mau cerita2 soal lomba menulis, ternyata terus mas Edy bilang, di rumahnya lagi ada Eni Kusuma..waah kebetulan nih! Hahaha

Eni Kusuma, sekarang seorang ibu, dulunya aku tau dia dari buku yang dikarangnya. Judulnya Anda Luar Biasa!!

Bukunya ini adalah buku motivasi, menurutku bagus, karena bahasanya gak ruwet, bisa memberikan semangat..hehehe..(Buatku lo yaaa..)

Di bukunya ini Eni cerita tentang masa kecilnya sebagai anak yang lahir dari keluarga miskin, gagap bicara, sekolah setamatnya SMA gak ada uang lagi untuk melanjutkan, akhirnya memilih untuk berangkat ke Hongkong sebagai TKI, pembantu rumah tangga tepatnya.

Sebagai pembantu rumah tangga di Hongkong sana, pekerjaannya seperti biasa, nyuci , ngepel, setrika, ngurus anak majikannya, kadang bantu buat PR, ngantar sekolah, seabreg kerjaan lain deh yang emang biasanya dikerjain seorang asisten. Kadang jika melakukan kesalahan yang merusak barang majikannya, hukumannya tidak makan siang atau tidak makan malam..(Weeeh!!)

Tapi, semangatnya untuk belajar, gak abis2, semuanya diambil hikmahnya sebagai pelajaran hidup..waktu2 luang yang bisa dipergunakan dia pakai untuk pergi ke kantor pos yg menyediakan fasilitas internet gratis, dia belajar menulis, bergabung dengan milis kepenulisan untuk para TKW di Hongkong ..sampai akhirnya dia ketemu mentor2 di dunia maya, yang akhirnya bisa membimbing dia untuk menulis bagus dan bisa mengarang sebuah buku.

Menurut Eni, di bukunya : “siapa pun anda, lengkap dengan segala keadaan yang menyertai anda, Anda adalah orang yang luar biasa!”

Hebat kan, sekarang Eni sering diundang di sejumlah forum diskusi dan seminar.

Allah memang menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling mulia dari semua ciptaanNya dan kita sebagai manusia harus terus belajar, berusaha, berpikiran positif untuk mengubah nasib kita sendiri..bener gitu kan??

Yang jelas, aku kemarin langsung ke rumah mas Edy, bawa bukunya Eni Kusuma yang sudah aku punya, dan minta tanda tangan! Hahahahaa..seneng banget kalo punya buku yang ada tanda tangan penulisnya, apalagi ada namaku dicantumkan khusus..serasa akrab!! Wkwkwk..

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada April 2, 2011 in Belajar 'NGARANG, satatan harian

 

RT 06…..

RT 06….terdiri dari sekitar 100 (atau 200) keluarga, rata2 rumahnya tipe 21 tanah 45 sampe 60 m2…nyaris kayak komplek kecil2an…lengkap dengan ‘gaya perumahan’ , ada iuran keamanan, ada portal di ujung jalan, ada petugas keamanan dengan seragam yg dibuat dengan sumbangan warga. Pokoknya jangan samain sama RT – RT sebelahnya deh…beda…ukuran rumah sama tanah boleh sama, tapi RT ini paling “gaya”, semua penghuninya ikut jejaring sosial, punya internet, semuanya punya kegiatan keren : senang membaca, senang menulis, selalu terupdate informasinya dalam segala hal, terutama soal kawin cerainya artis2 ibukota (maklum, keliatan dari aktifnya ibu2 keluar rumah setelah jam 10…untuk belanja, kok jam 10…soalnya kan pagi beresin rumah sekaligus nonton infotainmeeeennnnttttt!!!!).

Penghuni RT 06, selain selalu terupdate informasinya, juga rajin silaturrahmi, kompak, kalopun ada yang ribut – lebih sopan – gak jambak2an rambut, gak teriak2 depan rumah, paling2 juga ibu A ke rumah ibu B, untuk ngomongin ibu C, ntar ibu C ngasih tau ke Ibu D, ibu D bisik2 – gak sengaja – ke ibu A lagi…hehehehehe….kompak deh pokoknya, terus selalu ‘saling mengingatkan’ kayak gini contohnya :

ibu A : “jeung, kok statusnya (maklum, semua penghuni minimal ibunya wajib jadi anggota jejaring sosial yg lagi in saat ini) ibu C selalu ‘tak gendong2’…maksudnya apa ya? apa nyindir saya karena selalu bobok in si dede depan rumah sambil gendong2?”

ibu B : “lhaaaah….jeung A ini gimana sih??? gak terapdet banget sih….mangkel aku…’tak gendong2′ itu kan lagunya mbah suripppp!!!!”

ibu A : “mbah surip sing ngendi???”

ibu B : ” ya ampun…….mbah surip kok gak tau!!! jeng ini lho….ckckckckck…mangkel aku! udah berapa hari tho,gak liat tipi?? wiiis…..mulai hari ini, kerjaan rumahmu aku yang tekel!! sampeyan nontono tipi….biar keapdet! malu lho…sama ibu2 yang laen, sampeyan sahabatku kok gak tau mbah surip!”

Bayangkan, kerjaan rumah aja bisa diambil alih tetangga, asal sesama penghuni tidak ketinggalan berita, ini baru soal penyanyi lho, apalagi berita nasional..tentang pemilu, tentang negara, politik juga termasuk.

Begitu juga senin kemaren, mendadak semua blekberi ibu2 bunyi, terus menerus, sahut2an…rupanya di komplek ada serangan virus yang bikin semua peliharaan warga komplek (anjing sama kucing, gak ada ayam lho…RT eliiittteee) jadi tidur semua, gak mau ngeong, gak mau gonggong…
Langsung pak RT ngasih pengumuman, warga harus ngumpul di ‘pendopo RT’…terus dengan emosi beliau bilang, kalo yang nyebar virus “kayaknya” adalah pesaing2nya…semua langsung mikir…apa si bapak C ya , soalnya bapak C pesaing ketat si pak RT ..kebetulan pak C gak piara kucing..jadi yang keliatan tenang ya cuma beliau…

Duh…mulai deh ibu2 yang bela bapak C…nulis di status….yang bela pak RT juga nulis di status…semua gak kumpul2…cuma sahut2an di status dan komen blekberi…(masih pada kredit lho blekberinya!!) dan karena tuntutan kesopanan, etika pergaulan..kalo ketemu tetangga laen walaupun dalam hati saling curiga, senyum manis tetap terlontar, manggut2 kepala tetap berjalan, numpang narok jemuran depan rumah tetangga yang halamannya sedikit lebih gede juga seperti biasa…gak ada yang berubah…cuma di status dan komen…beneran…

Semua ibu berlomba jadi yang paling tau, semua mendadak jadi ‘temen deket’nya pegawai kelurahan ;yang punya kenalan petugas keamanan langsung bikin dugaan2 dan kesimpulan2 berdasarkan ‘bocoran informasi dari pak keamanan sahabatnya’ sekaligus menghimbau semua ibu2 (dengan gaya sok tau pasti!) untuk gak keluar rumah karena ‘bocorannya’ bilang masih ada lagi virus lain yang mau disebar; yang parno langsung beli beras , mie instan, air mineral kardusan…untuk siap2 kalau keadaan menjadi lebih buruk…halah!!!

Sampe akhirnya sabtunya ketauan , rupanya yang bikin semua peliharaan tepar bukannya virus, tapi si tukang daging dan tukang ikan (khusus untuk peliharaan) langganan penghuni komplek, gak sengaja numpahin obat tidurnya ke barang jualannya…itu juga ketauan gak sengaja, sama si satpam yang kebetulan ‘lagi pinter’ dan kebetulan juga emang satpamnya ini punya ‘kemampuan untuk melihat sesuatu ” (ya iyalah!!! punya mata jeee…)

Wah…lagi2 berkat kekompakan seluruh warga, semuanya dapat disosialisasikan dengan baik…lagi2 lewat status dan komen..pak RT pun minta maaf, sekali ini gak di pendopo, tengsin soalnya, cukup lewat status…alasannya beliau dipanggl pak camat, tetapi kepengen buru2 minta maaf..jadi lewat status aja ya, sambil juga ditulis dalam bentuk postingan blog di weblognya bu RT….

RT 06…RT 06…bener2 deh…kadang bikin salut, kadang bikin malu…tapi emang mesti tinggal di situ terus, maunya sih pindah..tetapi…duitnya gak ada untuk imigrasi ke RT laen…sambil juga yakin sih, di RT laen belum tentu lebih enak kan? Jalanin aja deh…seperti statusnya ibu A : “jalanin aja….semua kendala yang bisa kita lewatin hari ini…pasti jadi kekuatan untuk kita menjalani hari esok…” (ibu A emang paling bisa!!!!!)

Satu lagi pesan moral dari ibu A buat saya sebagai penghuni RT 6: “jangan pada sok tau deeehhhh!!!! jangan bikin issue2 tambahan yang bikin panik aja, nyebelin banget sih, lagian kamu juga tuh bu N kok masih blom beli blekberi juga sih??? (maklum pak RT mewajibkan semua penghuni punya blekberi, tv berlangganan, internet 24 jam) !!!!”

 
18 Komentar

Ditulis oleh pada Juli 18, 2009 in Belajar 'NGARANG, iseng2-rada ngaco

 

MalesĀ Nulisā€¦..

Doooohhh……banyak banget ya berita ama cerita seru akhir2 ini, ada yang lucu, ada yg seru awalnya terus jadi bikin bosen akhirnya karena diulang2 melulu, ada yang bikin ngeri ama waswas….dan langsung bikin diriku nyeleksi ulang tulisan2 di blog (sok banyak banget sih bu….wong tulisannya 3 bulan sekali baru muncul….!!)…siapa tau ada yang menyinggung atau bisa ‘mencemari’ nama orang lain…hehehehehe…..(dan rasanya kok semua bikin cemar namaku sendiri…kakakakakak….)

Sambil denger cerita dari temen2 via fesbuk ataupun dari ‘warung pangkalan sebelah sekolah abang’ atau dari hasil ikut seminar gratis NBTSS (Nongkrong Bareng Tetangga Saban Sore)…- maklum gak berani baca koran atau nonton berita di tv…apalagi nonton infotainment- pasti deh terbayang…wah seru nih..kalo ditulis di blog….tapiiiiiiiiiiiiiii……………setiap mulai mau nulis….ada2 aja yg bikin gak jadi ngetik…hehehehe…sebagian besar penyebabnya adalah keasyikan bacain status temen2 di fb sehingga gak taunya udah keburu harus ngurusin anak2 lagi….batal nulis lagi….Sekalinya gak ada kerjaan laen….muncul deh si M….mualesss…..

Sekalinya nulis….mikirnya jadi lamaaaa banget…karena kebanyakan di edit…takut masuk penjara…(kikikkikikkkkkk………….), padahal rasanya banyak banget nih tema menarik….mulai dari soal kampanye2; soal gubernur Lampung yang menang pemilihan, trs dibatalin KPU, terus ternyata dilantik juga (karena emang udah menang jeeehh….); soal ‘sang mano’; soal MU lawan Barca; soal….halah….banyak banget lah….; ujung2nya…dijadiin draft aja deh…hehehehehe…gak berani…takut salah tulis , kalo cuma keliatan bego sih gak masalah…kalo dipenjara???!!! ehm…..gak lah ya…

Kayaknya udah mulai harus siap2 nih……masuk era “wolak walik’e zaman”…..atau…. tanda2 kiamat….nah mulai bego kan…udah ah…..kapan2 aja…kalo udah ada cerita lucu dari anak2….baru deh ditulis……sekarang…blogwalking aja dulu kaleeee……………

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 4, 2009 in Belajar 'NGARANG, satatan harian, uneg-uneg

 

NONGOL LAGI………CILUK BAAAAA……..

Whoa……….akhirnya nulis lagi…setelah LIBUR (ke)panjaaaaaaang(an)….

Awalnya libur karena kesetanan facebook (maap para setan…namanya terbawa2…), terus anak2 diopname karena sakit DBD (lagi???), terus yang terakhir karena mau nge test….blognya ada penggemar gak ya? Ada yang nyari2 gak ya? ternyata GAK SODARA2!!! hahahahaha….

Ya udah lah…terpaksa menerima ketidakngetopan itu dengan cara kembali menulis dan menunggu siapa tau ada yang iseng2 mampir…setelah lama mampir ternyata gak ada postingan apa2…hihihi…

Cuma terus terang bingung..mo nulis apa ya…

Ehm….soal temen2 SD, SMP, SMA, Kuliah…yang jadi ketemu lagi…gara2 fb? ato…soal anak2…yang selama emaknya libur nge blog…udah bolak balik batuk pilek?

Tau deh…yang penting udah nongol dulu ya kan? Sekarang tinggal rajin2 nongkrong, nyari inspirasi…hahahaha…nyari inspirasi kok nongkrong?

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada April 20, 2009 in Belajar 'NGARANG, iseng2-rada ngaco

 

O’ON SATU ama O’ON DUA

Ini obrolan orang oon 1 ama oon 2…(oon 3 dan oon 4…yang nulis dan yang baca!!! kekekekekek…………)

O’on 1 : Loe ngapain sih ngeblog segala, kurang gawe ya?? Buang2 waktu aja!!

O’on 2 : Kata siapa nge blog tuh buang waktu…justru dg nge blog, waktu gw gak terbuang percuma…gw punya banyak temen, dan paling gak uneg2 gw keluar….gak disimpen dihati…buat pusing….

O’on 1 : Kalo mo cari temen tuh bukan di blog ‘tu..(maksudnya : satu..kan nama pjgnya o’on 1). di frenster apa fesbuk gituh….

O’on 2 : Hah…bo’ong loe!! kalo masuk fesbuk apa frenster gitu mah…loe cuma mo numpang pamer aja kan??? Coba sini buka fesbuk loe!!!

O’on 2 : Tuh kan!!! isinya photo2 loe keliling eropa, loe umroh apa naek haji nih? Ā trus tuh….photo loe lagi ke hongkong!!! ah…dasar loe…ape gw bilang!!! loe mo pamer kan!!!

O’on 1 : Gak…kata siapa gw pamer….liat donk baek2…pake dulu tuh soflen ato kacamata plus loe….biar jelas…loe liat baek2 ya…tuh..photo gw yang di Eropa…gw ambil waktu gw belum mandi dan blom dandan….

O’on 2 : Hah??

O’on 1 : trs…tuh pas gw naek haji…gw pake kaen ama kerudung gw yang paling sederhana…cuma warnanya aja yg ngejreng!!!

O’on 2 : Ooooooo…

O’on 1 : trus tuh photo gw yang di Hongkong….rambut gw kan gak disisir, cuma pake lipstik ama aisedow, gak pake blas-on segala!!! Ā Sisanya photo gw waktu gw ke amrik…itu mah udah 10 taon yang lalu lageeee!!!

O’on 2 : iya juga ya……sambil pasang tampang kayak si udin

Tau udin kan? tuh tokoh jagoan di sinetron abdel ama temon, yang diputer abis film naruto, yang lagunya aku bukan super…juga bukan star….hehehehe……

O’on…..O’on…….O’on kok dipiara……..

 
27 Komentar

Ditulis oleh pada November 11, 2008 in Belajar 'NGARANG, iseng2-rada ngaco

 

Dongeng Sebelum Tidur

Abang sama Audri, susah banget disuruh tidur malemā€¦kadang2 sampe jam 21.30 masih pada lincah bangetā€¦walaupun aku tau sebenernya mereka juga udah mulai ngantukā€¦tapiĀ  pada ngerasa sayang kali ya kalo tidur cepet2ā€¦padahal jam segitu, kadang 2 emaknya udah bener2 setengah sadarā€¦.

Ā 

Kayak waktu liburan di Lampung kemarenā€¦.aku udah ngantuuuk bangetā€¦pada masih gak mau tidurā€¦pada minta diceritainā€¦ya udahā€¦diturutinā€¦tapi semua koleksi cerita mulai dari cerita nabi sampe cerita si kancil..pada ditolakā€¦ā€cerita yang laen aja ma!!ā€ Duh biyungā€¦.cerita apalagiā€¦itu aja udah ngarang2ā€¦.ngalah2in bikin postingan susahnya!

Ā 

Read the rest of this entry »

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada November 6, 2008 in Belajar 'NGARANG, iseng2-rada ngaco, Tentang anak-anak