RSS

Arsip Kategori: nostalgia

29 Februari

Tahun Kabisat (Bahasa Inggris: Leap Year) adalah sebuah Tahun Syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari.
Satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4 tahun akan kekurangan hampir 1 hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik.
Maka untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000). (nyalin dari http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Kabisat)

Almarhum kakekku dari pihak ayah, biasa kami – cucu2nya – panggil Datuk, lahir tgl 29 Februari 1916. Jadi Datuk ngerayain ulang tahunnya 4 tahun sekali, jadi inget betapa gelinya Datuk ketawa, terkekeh2 pada saat datang ke ulang tahunku yg ke 11 ( November 1981) yang dirayain sama mama papa di rumahku, kebetulan bersebelahan sama rumahnya Datuk, Datuk bilang : “Reni sekarang 11 tahun, Datuk beberapa bulan lagi 17 tahun!” sambil ketawa senang, ngacungin jempol dengan cara yg khas Datuk. (kalo kita ngacungin jempol kan jempolnya jauh dari 4 jari lain yang membentuk genggaman, kalo Datuk jempolnya nempel ke jari telunjuk/genggaman..ehm…gimana ngegambarinnya dalam bentuk tulisan ya, susyah,,,pokoknya gitu deh…hahaha).

Datuk yang selalu jemput aku dan adik2ku, setiap malam Minggu, untuk pergi makan2 di warung tenda, (seperti warung2 makan di daerah jalan Biak Roxy – Jakarta itu loo…) di daerah Teluk Betung. dan kegiatan makan2 di Malam Minggu ini SELALU dikerjakan, gak pernah absen. yang hebatnya (heheh) Datuk punya warung langganan, dan setiap malam minggu itu, kami gak pernah makan di tempat berbeda, selalu disitu, warung itu warung seafood, tapi karena dia tau kesukaan Datuk, dia selalu menyajikan makanan tepat seperti yang Datuk mau, gak pernah lain, gak  perlu nanya (kecuali ke kami cucu2nya, yg makannya bisa beda menunya setiap minggu..hahaha). Mau tau menu PASTI nya Datuk? pasti lo, gak pernah berubah : Nasi uduk (sengaja dipesankan oleh bapak penjual seafood ke warung lain,dan warung nasi uduknya juga tempatnya itu2 aja, Datuk gak mau yang lain), kepiting rebus, coca cola (maaf, bukan bantuin promosi, tapi emang cuma minuman  ini yang Datuk mau, jadi iklan apapun, dimanapun t*hb****s***o, gak berlaku buat Datuk…wwkwkwk).  Bayangkan, bertahun2 , setiap malam Minggu, di tempat yang sama, menu yang sama, dan jangan bayangkan Datuk makan dengan wajah bosan…gaaak…gak mungkin, wong sebenrnya kalo Datuk mau makan yang lain, Datuk bisa milih, warungnya banyaaak banget…satu jalanan warung tenda makanan semua…hahahaha. Datuk tuh mulai dari hari Sabtu siang/sore biasanya udah dateng ke rumah, dengan wajah berseri2, janjian mau jemput buat makan2…Datuk yang di rumah tinggal sebut mau makan apa aja bisa disediakan oleh Atu (nenek), selalu setia nunggu malem Minggu dan nunggu nasi uduk, kepiting rebus dan cocacolanya.

Datuk yang selalu inget sama kami cucu2nya walaupun beliau bepergian, kalo pergi2 Datuk selalu nyimpen permen yang didapet kalo naek pesawat buat dibagiin ke cucu2nya….hehehehe

Datuk gak pernah nasehatin aku soal tepat waktu, rajin belajar, soal pentingnya silaturrahmi dan sebagainya. Semuanya aku pelajari dari sikap dan perbuatan Datuk. gak perlu diomongin susah2 kayak sekarang aku selalu cerewet ke anak2ku (hihihhi). soal waktu, Datuk adalah orang yang sangat tepat waktu dan paling marah kalo ada orang yang tidak tepat waktu, setiap subuh setelah sholat Datuk selalu jalan pagi keliling kota, jam 7 sudah di teras depan rumahnya baca koran, jam 8 pagi datuk sarapan, jam 2 siang datuk makan siang, istirahat, jam 4 sore datuk udah mandi dan rapi, jam 8 malam Datuk makan malam, terus jam 9 malam Datuk selalu nonton berita “dunia dalam berita” di tv. Berita habis jam 9.30 malam, Datuk tidur. selaluuuu begitu, sehingga kalo mau ikutan makan siang sama Datuk  😀 , aku udah tau harus dateng jam berapa…wkwkwkw.

Soal silaturrahmi , setiap habis sholat Subuh, Datuk selalu jalan pagi, keliling kota , dan beliau selalu mampir ke salah satu atau beberapa rumah saudara atau temannya untuk bertanya kabar, ngobrol…selalu…

Aku juga jadi inget, kalo pergi ke sekolah, mobil/motor papa selalu lewat depan teras/halaman Datuk, kami stop sebentar, buat salam dan dicium Datuk. soal cium pipi ini juga ada lucunya , kadang Datuk lupa kalo aku udah dicium pas dateng ke rumahnya, terus aku main, gak lama ketemu Datuk lagi, Datuk bilang :’sini, tadi belum cium Datuk kan?” lah, kan udah Datuuk…hahahaha…

Kadang2 lucu , dengerin Datuk cerita soal teman2nya saat muda..atau yang lebih lucu lagi kalau sepupu2ku yang datang dari luar Lampung kumpul, terus Datuk selalu ngantongin kartu gaple/domino dan menantang kami cucu2nya untuk bertanding gaple. Cucunya bandel2, maen gak ngitung2, maen keluar2in kartu apa aja, nanti Datuk dengan serius ngitung kartu apa saja yang belum keluar, dan agak kesal kalo kalah dari kami cucu2nya…(jarang sih, yang sering kami yang kalah, Datuk ku jago maen gaple…hahahaha)

Datukku yang datang ke ultahku ke 17, dan gak nyadar kalo aku malu sebenernya pas diajak joged (hahahaha…joged??), tapi pestaku jadi meriah karena setelah liat Datuk joged sama aku, teman2ku jadi gak (tau) malu ikutan pada joged2 semua…hahahahahaha…

Datuk, di hari ulang tahun Datuk yang ke 25 ini (hehehe). Ny doain Datuk, diampuni segala dosa, diberikan surga yang indah di sisiNya..aamiin…

mengenang Datuk (29 Februari 1916 – 6 September 1989)

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 29, 2012 in nostalgia

 

I Have a Dream

Hari ini Abang EHB Praktek Pianika, dari kemarin siang udah latihan sampe rumah rasanya rame…toet..toet…hehehehe..

Tadinya gak ngeh dia mau mainin lagu apa, abis nadanya tinggi rendahnya ancur2an gitu…hahahaha…setelah aku beres kerjaan rumah, aku duduk dan mulai dengerin serius…ternyata dia disuruh mainin lagu ABBA yang judulnya I Have a Dream…hahahahaha…duh, jadi semangatan emaknya nyuruh latihan akhirnya…pas Mas Tok pulang kantor, baru masuk rumah, dengerin pianikanya abang (yang udah agak lancar…gak sebagus pianis sih…..xixixi…tapi lumayan gak kayak waktu siang…masih putus2, tapi udah mulai jelas lagunya 😀 ), mas Tok bilang : “duh, hebat amat lagunya” hihihihi…maklum , jaman bapaknya kelas 3 SD, mungkin hafalan pianikanya cuma lagu2 daerah sama lagu2 perjuangan …kaliii….hihihi…

I have a dream, a song to sing

to help me cope with anything

If you see the wonder of a fairy tale

You can take the future even if you fail


I believe in angels

Something good in ev’rything I see

I believe in angels

When I know the time is right for me

I’ll cross the stream , I have  a dream



I  have a dream, a fantasy

To help me through reality

And my destination makes it worth the while

Pushing through the darkness still another mile



Ehm…akhirnya,  hasil latihan abang (yang masih putus2 itu…yang penting yang maenin anakku.. 😛 ) direkam, trus dijadiin ringtone nya hp deh…hihihihi..sambil ngerayu abang…”ayo donk nak, les musik apa kek, ntar bisa mainin musiknya buat mama…..” hahahahahaha… I have a dream….a fantasy….

(semoga EHB nya abang diberikan kemudahan, kelancaran…amin…)

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 19, 2010 in nostalgia, satatan harian, Tentang anak-anak

 

Doa buat sahabat

Dulu, saat SMA, aku punya 2 orang sahabat, kemana2 selalu bertigaan termasuk berantem, hehehehe…berantem pun bertigaan karena gak berani berantem sama yang lain…hihihihi…nama mereka Asri dan Iin…sampai sekarang kami tetap berhubungan walaupun jarak dan kesibukan , tentu saja, membuat kami gak bisa kemana2 bertigaan…sekarang mesti ber…banyakkan lengkap dengan suami dan anak2…itupun hampir gak pernah karena Iin di Bengkulu, Asri di Lampung, aku … nyangsang di Tangerang. Kami bertiga (katanya) tomboy, karena bergaya rambut cepak, suaranya gede2 (iin dan asri gak sih, aku doang yg ngebass..hehehehe) dan emang teman kami lebih banyak laki2 daripada perempuan, kalaupun ada yg perempuan pasti bukan anak pendiam…(kalo anak2 pendiam, bisa budeg dan pusing kali ya…maen sama kami yang emang selalu ketawa-ketiwi, gak peduli jaman ujian juga…hehehehehe)

Di kelas kami, ada  anak laki2, namanya (alm) Tohap; dia sebenarnya lebih dekat dengan Asri dibanding ke aku dan Iin, tapi tetap saja aku ngerasa akrab (sok akrab tepatnya!) karena temannya asri kan temanku juga…(hihihi..maksa), apalagi Tohap memang anak yang baek, suka bercanda tapi gak kurang ajar, pinter terutama pelajaran bahasa Inggris, suka nolong…pokoknya baek deh…

Tamat dari SMA, aku kuliah di Jakarta, Tohap kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bandung…terus yang aku dengar karena Tohap ngambil jurusan perhotelan, tamat dari kuliah dia kerja di luar negeri. Setelah itu lama aku gak tahu kabarnya lagi. Tiba2 beberapa tahun lalu , aku dengar Tohap sudah meninggal karena sakit.

Hari ini, aku kok inget lagi sama Tohap, dan jadi sedih banget…Aku kok semalam mimpi Tohap datang, bantuin aku bawain belanjaan (dasar emak2 , mimpi aja masih belanja sayur2an…sebel!!), di mimpi itu aku sadar kalo Tohap sudah meninggal, tapi aku gak takut sama sekali, malah sedih rasanya…dan di mimpi itu aku nanya gini :

Aku : “Hap, kalo nih, kamu ternyata umurnya pendek, karena sakit misalnya , (jadi rasanya di mimpi itu aku tahu dia sudah meninggal, tapi Tohapnya gak tau gitu lho..ngerti kan?) , loe gimana Hap? seandainya loe boleh hidup lagi dan ngulang hidup loe, apa loe akan berusaha supaya gak sakit..atau gimana?”

Tohap malah senyum, ngeliat ke mukaku lamaaaa sekali terus bilang : “Gak bisa Nen, udah mati ya mati, masak bisa hidup lagi” .

Aku ngotot : “seandainya???”

Tohap lagi2 cuma senyum , gak mau berandai2…Trus di mimpi itu, aku rasanya nyesel sekali, kalo aku tau Tohap akan meninggal dari dulu pasti aku bakalan baek2in dia terus, ntraktir dia terus juga mau, disuruh bantuin apa juga mau…

Kenapa Tohap muncul di mimpi semalam ya? Padahal gak pernah selama ini aku mimpiin Tohap, dan untuk catatan (penting banget!!!) Tohap ini BUKAN  teman laki2 yang aku taksir (heheheh…), JUGA GAK PERNAH naksir diriku (emang semua temen laki di SMA ku dulu gak ada yg naksir…hihihi…kata mereka “wong sama2 laki masak naksir2an” :P) , Tohap bener2 teman yang baek buat semua orang .

Atau karena justru aku udah mulai lupa makanya Tohap muncul lagi?

Ya Allah, ampuni segala dosanya, sayangi dia, sejahterakanlah dia,berikan dia tempat yang bagus di surgaMu ya Allah….Ya Allah, sesungguhnya dia telah datang menghadapMu dan Engkaulah sebaik-baik yang didatangi, muliakanlah kedatangannya dan luaskanlah jalannya…..amin.

 
9 Komentar

Ditulis oleh pada Desember 2, 2009 in nostalgia, satatan harian

 

Nama Panggilan

Kalo inget nama panggilan  temen2, kadang suka senyum2 sendiri..(hah??? Gawat !! hampir g**a…hehehe) .

 

Saking melekatnya nama panggilan kadang2 sampe gak inget, sebenernya siapa nama asli temen tsb…hehehe….

 

Dulu , zaman SMA, musim banget manggil temen pake nama bapaknya (tapi…sumpah, gak pernah ikut2an…soalnya kok gak bisa…hati kecil gak setuju …cieeeee…hueekkkk!!!!). Nama papa Sjachrazad, dipanggil ama keluarga dan temen2nya Acad, pas aku SMA, temen2ku ato temen2 adikku yg cuma beda setahun umurnya ama aku suka manggil kami dengan nama papa , sekali waktu lagi nonton ama papa dan adikku , duduk dibarisan paling belakang temen2nya adikku…pada manggil dan teriak “Acaaaadddd!!!”, papa nengok, kaget, terus ketawa sambil bilang “temen2 kamu kurang ajar semua!” hehehe…untung bapakku baek…hehehe…(tapi pasti dalam hati pengen nabok!! Ya gak Pa?)

Read the rest of this entry »

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada November 6, 2008 in iseng2-rada ngaco, nostalgia

 

GURU DAN DOSEN PUJAAN HATI…………

Di setiap tahapan sekolah, aku selalu punya guru2 pujaan hati,  😆  , guru2 dan dosen2 pujaan hati inilah, yang selalu buat aku seneng ke sekolah, buat semangat bangun pagi hehehe…..

 

SD….aku punya ibu Denti, beliau ngajar semua mata pelajaran sekaligus wali kelas…(aku lupa , kelas berapa ya? Kayaknya kelas 2 deh….). Gak kayak sekarang, SD kelas 1 aja , gurunya selalu ganti2 sesuai mata pelajaran, zamanku itu (aku gak bilang ‘jadul’, supaya gak gitu kerasa kalo umur udah ‘banyak’..) wali kelaslah yang ngajar semuanya (kecuali agama), sehingga aku gak perlu adaptasi dengan banyak guru dalam satu hari….

 

Ibu Denti, aku cinta beliau karena beliau guru yang sabar, selalu tau cara menarik perhatian anak2,  kalo ngajar beliau selalu tegas, sehingga anak2 sayang ama beliau tapi tetep sopan gak berani ribut2 amat….kalo inget bu Denti…aku jadi pengen nyanyi ‘pahlawan tanda tanda jasa’ (judulnya bener kan? Kikikikk). Beliau sempet pindah mengajar ke Jakarta (aku di Lampung…), kayaknya ikut suaminya tugas deh, pada saat beliau buat perpisahan untuk murid2nya, aku nangis bombay!! Hehehe…untung beliau cuma pindah 1 atau 2 tahun, terus balik ngajar ke SD ku lagi….ke kelasku lagi….dan beliau masih hafal dengan nama murid2nya satu persatu…(kurasa beliau juga sedih banget berpisah ama aku deh….hehehe..pdoverdosis.com).Apa kabarnya bu???

 

Read the rest of this entry »

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada Oktober 25, 2008 in nostalgia, satatan harian

 

Ibuku….

 

 

Tulisan ini sengaja dibuat, nyusul tulisan tentang bapakku kemaren…emang sih papa dan mama gak pernah nge blog…hehehe…tapi daripada ada yang ngiri…hihihi…gak deng…Cuma lagi pengen aja…

 

Ibuku, biasa kami panggil mama…buat sebagian orang…mama orangnya sangat galak (jutek katanya…)…tapi buat kami anak2nya…mama itu ehm…emang jutek sih…..hehehe….maap ma….bukannya jutek tapi mama jauh lebih ‘waspada’ dibanding papa…waspada dalam arti lebih cepet curiga sama orang….tapi ini bagus banget karena bisa ngimbangin papa…makanya kan papa selalu selamat dari penipuan anak2nya hehehe (lagian…kata si abang….mama cerewet, tukang marah2….berarti emang ibu2  semua jutek kan? apa aku nurun dari mama ? hehehehe……)

 

 

Read the rest of this entry »

 
13 Komentar

Ditulis oleh pada Agustus 25, 2008 in nostalgia, satatan harian, uneg-uneg

 

SMS dari…..

Udah berapa hari nih..gak nulis…sebenernya sih bukannya gak buka2 blog…buka tapi males nulis…ya udah deh, jadilah beberapa hari ini cuma liat dan bales komen, terus ngasih komen dimana2..(ngoprek2 blog orang hehehe), jalan2 terus….sambil nambah temen….

yang males cuma nulis postingan baru doank…kegiatan laen herannya gak males…minder kali..liat postingan orang pada bagus2..hwahahaha) buktinya nih saking rajin di kegiatan laen…rumah jadi kinclong2…semua debu udah diusir, semua kertas2 didompet udah dibuang (maklum …dompet tebel bukan ama duit..tapi ama bon laundry, bon belanja, catetan utang  ), sms2 yang menuhin inbox di hp udah dihapus.

Read the rest of this entry »

 
12 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 11, 2008 in nostalgia, satatan harian